Virus Corona

GURU Besar FKUI: Avigan dan Klorokuin Belum Tentu Cocok untuk Orang Melayu, Perlu Uji Klinis!

dr Ari mengingatkan pemerintah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menganjurkan pemakaian Avigan dan Klorokuin untuk menyembuhkan Virus Corona.

Kompas.com
Ilustrasi 

PROF Dr dr Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam Gastroenterologi-Hepatologi, menanggapi keputusan pemerintah memesan Avigan dan Klorokuin, yang diklaim bisa menyembuhkan Virus Corona (Covid-19).

Avigan merupakan obat flu, sedangkan Klorokuin merupakan obat malaria.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan, di beberapa negara, obat flu dan obat malaria tersebut terbukti ampuh menyembuhkan Virus Corona.

Kepulauan Seribu Ditutup untuk Wisatawan, Kapal Hanya Beroperasi Angkut Warga

dr Ari mengingatkan pemerintah bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menganjurkan pemakaian Avigan dan Klorokuin untuk menyembuhkan Virus Corona.

Apabila pemerintah ingin menggunakan kedua obat tersebut, dr Ari menyarankan agar keefektifan penggunaan Avigan dan Klorokuin dalam menyembuhkan Virus Corona diuji dahulu secara klinis.

Merujuk pada prinsip kedokteran presisi, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menyatakan, obat yang cocok untuk orang luar, dalam hal ini Avigan dan Klorokuin, belum tentu cocok untuk orang Melayu.

Komisi IX DPR Ungkap Banyak Tenaga Medis Pakai Jas Hujan Sebagai APD, Digunakan Selama Satu Sif

"Begini, bahwa kita ada yang namanya kedokteran presisi. Maksudnya apa?"

"Obat itu bisa cocok dengan orang luar belum tentu cocok untuk orang Melayu. Kira-kira begitu," kata dr Ari kepada Tribun, Jumat (20/3/2020).

Oleh karena itu, lanjut dokter Ari, pemakaian Avigan dan Klorokuin perlu riset dahulu, agar diketahui apakah dua obat itu cocok atau tidak untuk orang Melayu.

BREAKING NEWS: Tambah 81 Kasus, Jumlah Pasien Virus Corona di Indonesia Melonjak Jadi 450 Orang

"Itu selalu saya ingatkan," ucapnya.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved