Berita Video

VIDEO: Cegah Virus Corona, Kapal Pandu di Pelabuhan Tanjung Priok Disemprot Disinfektan

Penyemprotan disinfektan itu dilakukan ketika kapal pandu tersebut sandar di Dermaga Pilotage Station, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (

VIDEO: Cegah Virus Corona, Kapal Pandu di Pelabuhan Tanjung Priok Disemprot Disinfektan
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Penyemprotan kapal pandu dengan disinfektan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Sejumlah kapal pandu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara disemprot cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Penyemprotan disinfektan itu dilakukan ketika kapal pandu tersebut sandar di Dermaga Pilotage Station, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/3).

Setelahnya petugas dari anak perusahaan PT Pelindo II yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) menyemprotkan disinfektan pada bagian luar dan dalam kapal pandu tersebut.

Direktur Armada dan Teknik PT Jasa Armada Indonesia Capt. Supardi mengatakan penyemprotan disinfektan untuk kapal pandu perlu dilakukan karena sangat beresiko virus corona.

"Motor pandu ini nganter si pandu ya ke atas kapal asing, kapal Indonesia. Dari situ mereka itu bersentuhan," ucap Supardi, Jumat (20/3).

Kru kapal pandu juga silih berganti keluar masuk dari satu kapal ke kapal lainnya. Bahkan mereka terkadang juga mengantar petugas karantina atau kesehatan ke atas kapal.

"Karena bergonta-ganti pandu, bergonta-ganti orang yang dianterin ke situ, makanya kami setiap kedatangan dua jam sekali itu harus disemprot," ujarnya.

Menurut Supardi, penyemprotan kapal pandu dengan disinfektan tersebut bisa sampai 3-4 kali per hari. Sementara saat ini ada delapan kapal pandu yang beroperasi di Pelabuhan Tsnjung Priok.

"Ini kita sudah mulai dari minggu lalu semprot-semprot untuk motor pandu ini khususnya," tegasnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved