Berita Video

VIDEO: Cegah Covid-19 Ribuan Kios Pasar Tanah Abang Blok B Disemprot Disinfektan

Para petugas melakukan penyemprotan disinfektan mulai dari fasilitas-fasilitas yang kerap disentuh oleh manusia seperti lift,

VIDEO: Cegah Covid-19 Ribuan Kios Pasar Tanah Abang Blok B Disemprot Disinfektan
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sejumlah petugas melakukan penyemprotan disenfektan di beberapa fasilitas di Pasar Tanah Abang Blok B Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020) 

Dalam upaya pencegahan dan penyebaran virus covid-19 Pusat Grosir terbesar di Asia Tenggaran, Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat dilakukan penyemprotan disinfektan.

Pantauan Wartakotalive.com penyemprotan disinfektan ini dilakukan saat operasional Tanah Abang akan tutup, sehingga penyemprotan ini tidak menganggu pengunjung maupun para pedagang.

Para petugas melakukan penyemprotan disinfektan mulai dari fasilitas-fasilitas yang kerap disentuh oleh manusia seperti lift, ekskalator, tempat duduk, handel pintu, dan beberapa fasilitas lainnya.

Tak hanya fasilitas yang ada di Pasar Tanah Abang Blok B namun juga kios-kios dilakukan penyemprotan, termasuk area parkir, tempat ibadah dan juga ruang perkantoran yang ada di Blok B Pasar Tanah Abang.

Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan jika langka penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan dan penyebaran virus covid-19. Kegiatan seperti ini dilakukan secara bertahap disejumlah Pasar di Jakarta.

"Sebenarnya kegiatan ini kita lakukan sudah satu minggu sebelumnya. Ada beberapa pasar yang sudah dilakukan, nah ini kami lakukan secara bertahap termasuk di Blok B Pasar Tanah Abang," kata Arief Nasrudin, Jumat (20/3/2020).

Menurut Arief pihaknya terus berupaya mendukung dan membantu pemerintah dalam hal mencegah penyebaran virus covid-19 ini, salah satunya juga menyedikan hand sanitizer di beberapa titik di Pasar Blok B Tanah Abang serta pengecilan atau pengurangan pintu masuk.

"Kami juga sedikan hand sanitizer dan memberian masker bagi mereka yang sakit, sampai kami juga sediakan tempat untuk orang sakit jadi kalo sakit batuk bisa dilakukan pengecekan," katanya.

Tak hanya itu Arief menambahkan jika Perumda Pasar Jaya juga akan melakukan sosialisasi terkait covid-19 dengan melibatkan beberapa volunteer Alumni UI dan tim ahli untuk terjun langsung ke Pasar mensosilisasikan ke masyarakat.

"Kami juga tengah berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk meminta bantuan proses tambahan sosialisasi dari tim medis juga yang menjelaskan ini ke masyarakat di Pasar," katanya.

Terpisah, Manager Teknik Pasar Tanah Abang Blok B, Hanes Bertega mengatakan jika penyemprotan disinfektan di Pasar Tanah Abang Blok B akan dilakukan selama lima hari kedepan mulai hari ini Jumat (20/3).

"Kita rencana lima hari, 20 Maret sampai 25 Maret. Total seluruh ada 5.241 kios di blok B di 17 lantai seluruhnya kita lakukan penyemprotan," katanya.

Pihaknya mengaku penyemprotan dilakukan pada saat jam operasional Pasar Tanah Abang Blok B tutup, sehingga tidak menganggu aktifitas pedagang maupun pengujung di Pasar Tanah Abang Blok B.

"Yang di semprot itu area umum yang sering di sentuh itu seperti reling kios, eksalstor dan beberapa fasilitas sarana dan prasaran yang ada di dalam pasar," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved