Virus Corona

Cegah Tertular Virus Corona, Pemkot dan MUI Kota Bekasi Imbau Warga Salat di Rumah

Umat muslim warga Kota Bekasi diimbau untuk melaksanakan salat Jumat di rumah masing-masing dengan mengganti salat zuhur.

Cegah Tertular Virus Corona, Pemkot dan MUI Kota Bekasi Imbau Warga Salat di Rumah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Humas Pemkot Bekasi/ Jajaran Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Ketua MUI Kota Bekasi, Mir'an Syamsuri dan Ketua Dewan Masjid Indonesia, Propinsi Jawa Barat, KH. Ahmad Sidiq di Pendopo Pemkot Bekasi, pada Jumat (20/3/2020). 

Umat muslim warga Kota Bekasi diimbau untuk melaksanakan salat Jumat di rumah masing-masing dengan mengganti salat zuhur.

Hal itu diungkapkan Ketua MUI Kota Bekasi, Mir'an Syamsuri usai melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Bekasi dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bekasi.

Mir'an mengungkapkan, warga Kota Bekasi khususnya umat muslim menghormati keputusan pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyetopan solat Jumat pada 2 minggu kedepan.

"Kepada saudara-saudara, dalam kondisi siaga Covid 19, dengan terjadinya penyebaran virus Corona yang sudah amat dahsyat, karena itu sesuai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 bahwa untuk pelaksanaan ibadah secara berjamaah, untuk saat ini diharapkan agar supaya melaksanakan di kediaman masing-masing," kata Mir'an.

 BREAKING NEWS Hari ini Pemerintah Batasi Masuk dan Keluar Indonesia, Visa untuk WNA Ditangguhkan

 Viral Surat Terbuka Dokter Tifauzia Tyassuma untuk Jokowi Minta Lockdown Indonesia

 PENELITI AS Temukan Vaksin Virus Corona, Mulai Diuji Coba ke Ibu Dua Anak dan Diberi Kode mRNA-1273

 VANESSA Angel Pasang Foto Tutup Mata Sindir Kasus Virus Corona Sebelum Ditangkap karena Narkoba

Solat Jumat digantikan dengan solat zuhur empat rakaat di rumah masing-masing. Keputusan ini sebagai tindakan ikhtiar dan kejadian serupa pernah terjadi di zaman sahabat.

"Kita bertawakal pada Allah memang dari segala musibah yang ada, namun ikhtiar merupakan kewajiban. Langkah ini supaya kita aman, dan selamat dari keadaan yang sangat mengkhawatirkan seperti saat ini," jelasnya.

Ia juga mengimbau seluruh ulama dan tokoh agama lain memberi edukasi ke masyarakat agar mengerti akan situasi yang terjadi saat ini.

"Atas nama MUI kepada seluruh umat Islam yang ada, para tokoh, para ulama, agar supaya menunda setiap kegiatan-kegiatan yang sifatnya jamaah, baik di masjid, di majelis taklim, dan tempat-tempat lainnya, dalam rangka menjaga masyarakat kita, dan agar kita diselamatkan oleh Allah SWT," tegasnya.

 BREAKING NEWS: Kekacauan Pelayanan RSUD Tangerang Banyak Pasien Tak Tertangani Imbas Corona

Sementara Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menjelaskan rapat bersama para ulama, menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul untuk ditunda. Penundaan itu terjadi hingga dua minggu ke depan.

"Kita menyepakati tadi bahwa kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah ibadah kita menyepakati untuk ditunda hingga kondisi memungkinkan. Untuk sementara waktu kita lakukan selama dua pekan ke depan. Nanti kita pantau kondisinya dua minggu lagi," ujar Rahmat.

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Propinsi Jawa Barat, KH. Ahmad Sidiq juga mengimbau agar umat muslim untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah dirumah dan mentaati keputusan bersama pemerintah dan MUI.

"Untuk melaksanakan di rumah, karena harus menjaga kesehatan. Ini harus di taati," tutupnya. (MAZ)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved