Layanan Publik

Pembuatan Dokumen Kependudukan di Tangerang Membeludak, Disdukcapil Buka Layanan WhatsApp

Pembuatan Dokumen Kependudukan di Tangerang Membeludak, Disdukcapil Buka Layanan WhatsApp. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Pembuatan Dokumen Kependudukan di Tangerang Membeludak, Disdukcapil Buka Layanan Melalui WhatsApp. 

DINAS Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar sementara waktu menunda mengurus dokumen kependudukan di tengah dampak penyebaran virus corona. Saat ini Kantor Disdukcapil Kabupaten Tangerang dipenuhi warga dalam pembuatan KTP, KK, KIA dan Akta Kelahiran pada Rabu (18/3/2010).

"Kami harap masyarakat sementara menunda sampai wabah Covid-19 ini mereda. Akan tetapi kami akan tetap melayani warga yang dalam keadaan darurat," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Safrudin.

Safrudin mengatakan dirinya pun telah mengeluarkan Surat Imbawan untuk sementara mengurus Adminduk ditunda. Seperti tertuang dalam Surat Edaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor 470/324-DKPS tanggal 17 Maret 2020.

BREAKING NEWS: Jumlah Pasien Virus Corona di Indonesia Tembus 227 Orang, 11 Sembuh

Perihal imbauan Menindaklanjuti surat Bupati Tangerang nomor 443.2/1015-. um/111/2020 tanggal 15 Maret 2020 antisipasi penyebaran Covid-19 dan sesuai dengan arahan Direktur Jenderal kependudukan dan pencatatan sipil Kemendagri RI.

Maka terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut.

Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berkepentingan mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang agar dihentikan dulu demi menghindari tertularnya virus corona. Kecuali keperluan sangat penting seperti BPJS Rumah Sakit dan lainnya

"Masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukannya untuk dua atau tiga pekan ke depan. Sampai dengan kondisi virus ini dapat ditanggulangi secara menyeluruh baik di regional Kabupaten Tangerang maupun skala nasional," ucapnya.

BREAKING NEWS Pasien Virus Corona Meninggal Sampai Rabu (18/3) Jadi 19 Orang, Naik 171,4 Persen

Menurutnya pihaknya tetap melayani masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan seperti untuk mengurus BPJS Rumah Sakit. Bisa melalui aplikasi WhatsApp dan SMS agar tidak terjadi penumpukan antrean.

"Dapat menghubungi nomor HP 0813 1831 9931 dengan jam pendaftaran pelayanan dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang," kata Safrudin.

Ia menyatakan jajarannya setiap hari tetap menjalankan tugas pelayanan administrasi kependudukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Syafrudin melanjutkan bahwa untuk melayani masyarakat via WA dan SMS di nonomor 0813 1831 9931 yang akan berikan kepada masyarakat, ini semua dilakukan untuk menghindari keramaian masyarakat di tempat pelayanan.

“Ya kami akan melayani masyarakat via WA dan SMS yang akan kami berikan. Akan tetapi yang kami layani adalah yang sangat urgent seperti untuk ke Rumah Sakit, BPJS dan hal penting lainnya, semuanya kami lakukan untuk kebaikan masyarakat,” ungkapnya.

Nil Maizar Makin Tertantang Tangani Persela Lamongan yang Lini Pertahanannya Tanpa Bek Asing

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hartadi menambahkan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta Kematian, Akta Kelahiran dihentikan dulu. Kecuali untuk keperluan mendesak.

"Pelayanan akan dilayani melalui WhastApp atau melalui Shirt Message Service (SMS) ke nomor yang sudah disiapkan. Diharapkan masyarakat untuk tidak datang langsung, ini semua menjaga pencegahan penyebaran corona," papar Hadi. 

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved