Agar Pembeli dan Pedagang Nyaman Bertransaksi, Sejumlah Pasar Disemprot Disinfektan

Penyemprotan ini dilakukan demi kenyamanan masyarakat, terutama pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi di pasar

Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Perumda Pasar Jaya menyemprotkan cairan disinfektan di kios-kios pedagang Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (18/3/2020) petang. 

Perumda Pasar Jaya menyemprotkan cairan disinfektan di kios-kios pedagang Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (18/3/2020).

Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) yang mulai merebak di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

Manager Pasar Area 1 Perumda Pasar Jaya, M Yamin Pane, mengatakan, ada 15 petugas yang dikerahkan untuk menyemprotkan cairan di gedung berlantai enam ini. Penyemprotan ini diharapkan mampu mematikan virus yang berdampak pada kematian bagi orang yang terinfeksi.

PEMERINTAH Prediksi Jumlah Pasien Virus Corona Terus Bertambah, Awal April Baru Mulai Terkendali

Jokowi Tutup Sekolah dan Kampus, Zenius Education Gandeng Telkomsel Hadirkan Paket Bebas Akses

Antisipasi Penularan Virus Corona, Warga Kabupaten Tangerang Diimbau Urus KTP, KK, KIA Lewat WA

“Penyemprotan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur dan arahan dari Pak Dirut Perumda Pasar Jaya terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Jakarta, terutama di pasar-pasar tradisional,” kata Pane.

Pane mengatakan, penyemprotan bakal dilakukan di 10 pasar yang berada di bawah pengawasannya di Area 1 Perumda Pasar Jaya. Pada hari berikutnya, dia akan menyemprotkan cairan disinfektan ke Pasar Benhil, Pasar Petojo, Pasar Gondangdia, dan pasar lainnya.

“Penyemprotan ini dilakukan demi kenyamanan masyarakat, terutama pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi di pasar,” ujar Pane.

Dia tak memungkiri, interaksi pasar tradisional sangat tinggi sehingga potensi penyebaran virus juga lebih besar. Karena itu, pihaknya melakukan berbagai upaya pencegahan virus selain menyemprotkan cairan disinfektan.

Mulai Hari Ini, ASN di Pemerintah Kota Depok Resmi Bekerja di Rumah Selama 12 Hari

Viral Terkonfirmasi, Penumpang Commuter Line Kejang-kejang di Dalam KRL, PT KCI Beri Penjelasan

Hujan Seharian, Tangerang Bikin Konsep Ini Agar Tak Kebanjiran

Di antaranya pengecekan suhu tubuh pengunjung, bagi suhu tubuhnya mencapai 37 derajat ke atas, petugas menyarankan mereka agar pulang ke rumah atau mengecek kondisinya ke fasilitas kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan hand sanitizer yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mensterilkan tangannya dari kuman, bakteri maupun virus. “Upaya ini kami lakukan dengan harapan pengunjung maupun stakeholder yang datang dapat dinyatakan terbebas atau tidak membawa virus corona ke pasar,” ujarnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved