Berita Video

VIDEO: Ganjil Genap Ditiadakan, Volume Kendaraan di Jalur Protokol Padat

"Ganjil genap ditiadakan itu adalah kebijakan dari pemerintah daerah dan kita mengikuti. Memang selama dua hari ini, faktanya terjadi kepadatan

VIDEO: Ganjil Genap Ditiadakan, Volume Kendaraan di Jalur Protokol Padat
Istimewa
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo 

Ditiadakannya aturan ganjil genap sesuai kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak Senin (16/3/2020) lalu, membuat kepadatan atau volume kendaraan di jalur protokol meningkat di pagi dan malam hari di jam kerja atau jam sibuk.

Peniadaan sementara aturan ganjil-genap ini terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Hal itu dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/3/2020).

"Ganjil genap ditiadakan itu adalah kebijakan dari pemerintah daerah dan kita mengikuti. Memang selama dua hari ini, faktanya terjadi kepadatan di jalur protokol, tapi jam 8 atau 9 sdh agk longgar arus lalulintas. Sedangkan sampai malam juga masih terjadi kepadatan," kata Sambodo.

Karenanya kata dia pihaknya akan melakukan evaluasi dalam satu dua hari ke depan dan membicarakan hal ini dengan semua stake holder.

"Satu dua hari ini kita akan mengadakan evaluasi. Karena kebijaksanaan lalulintas itu multi stake holder, dan harus dibicarakan di forum lalulintas. Sehingga kebijakan nanti bisa tepat sasaran," kata Sambodo.

Meski begitu kata Sambodo, diliburkannya sekolah dan sejumlah ASN membuat kondisi ruas jalan di beberapa titik agak longgar, terutama di luar jam sibuk.

"Apakah akan diusulkan agar aturan ganjil genap diberlakukan kembali, semua tergantung hasil evaluasi dalam satu dua hari ke depan ini," kata Sambodo.

Sebelumnya Sambodo mengatakan pihaknya akan melakukan sejumlah langkah ke depannya untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan terjadi lebih parah.

"Untuk antisipasi kemacetan ke depan, kami akan terapkan rekayasa lalu lintas dan penambahan personel di sejumlah ruas yang menjadi titik kemacetan," kata Sambodo.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved