Berita Video

VIDEO: 3 Jadwal Pernikahan di Masjid Raya Pondok Indah Terpaksa Diundur Karena Corona

Hal itu sebagai tindak lanjut intruksi Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melarang adanya acara keramaian sampai tanggal 30 Maret ke depan.

VIDEO: 3 Jadwal Pernikahan di Masjid Raya Pondok Indah Terpaksa Diundur Karena Corona
Warta Kota/Desy Selviany
Pengelola Gedung Masjid Raya Pondok Indah Ramli Muhammad Nur ditemui di Masjid Raya Pondok Indah, Selasa (17/3/2020). 

Sebanyak tiga acara pernikahan dan satu pengajian di Masjid Raya Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dimundurkan. Diundurnya acara pernikahan lantaran adanya upaya pencegahan penularan virus corona.

Pengelola Gedung Masjid Raya Pondok Indah Ramli Muhammad Nur (45) mengatakan bahwa per hari Senin (16/3/2020) hampir seluruh acara di masjid tersebut dibatalkan oleh pengelola gedung.

Hal itu sebagai tindak lanjut intruksi Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melarang adanya acara keramaian sampai tanggal 30 Maret ke depan.

Setidaknya ada tiga acara pernikahan dan satu acara pengajian dibatalkan untuk tanggal 21 Maret, 22 Maret, 28 Maret dan 29 Maret.

"Yang hari Sabtu (21/3/2020) mereka tetap memohon akad nikah berlangsung. Jadi kami izinkan tapi undangan harus dibatasi hanya 40 orang saja," kata Ramli ditemui di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan Selasa (17/3/2020).

Sedangkan pengajian untuk Minggu (22/3/2020) dibatalkan total. Ramli memastikan tidak ada pengajian dulu di masjid tersebut sampai tanggal 30 Maret mendatang.

"Semua karpet juga sudah kami gulung. Jadi sementara tidak ada acara dulu di masjid ini," jelasnya.

Pernikahan di Minggu (29/3/2020) juga sudah resmi diundur sampai bulan Juni mendatang. Pihak pengantin sudah menyetujui perpindahan jadwal acara.

Saat ini pihaknya tengah mendiskusikan acara resepsi pernikahan di hari Sabtu (28/3/2020). Kemungkinan resepsi itu juga akan dimundurkan sampai bulan April 2020.

Sejauh ini kata Ramli belum ada pihak pengantin komplain terkait kebijakan tersebut. Pasalnya mereka sama-sama memahami dengan kondisi kedaruratan yang tengah diberlakukan di DKI Jakarta.

"Kalau ada pembatalanpun dari pengantin kami tidak memotong biaya apapun. Kami kembalikan semuanya secara utuh," ujar Ramli.

Ramli juga berharap seluruh pihak dan jemaah Masjid Raya Pondok Indah mengerti keadaan tersebut.

Pasalnya beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah disambangi Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dan diimbau agar tidak menyelenggarakan acara apapun sampai 30 Maret 2020 mendatang. (m24)

Penulis: Desy Selviany
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved