Virus Corona

Perbatasan Malaysia Ditutup, Singapura Pastikan Pasokan Bahan Makanan Cukup Selama Virus Corona

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing memastikan negara itu tidak akan kehabisan stok pangan.

Istimewa
Malaysia lakukan lockdown karena virus corona, bagaimana kondisi Singapura yang banyak membeli kebutuhan pokok dari Malaysia? 

Malaysia melakukan lockdown sebagian dengan menutup sekolah dan pusat bisnis. Bagaimana respon Singapura? 

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing memastikan negara itu tidak akan kehabisan stok pangan.

Ia berusaha menghilangkan kekhawatiran warganya setelah negara tetangga, Malaysia umumkan akan menutup perbatasan dan menerapkan sistem penguncian (lockdown) secara nasional untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Malay Mail, Selasa (17/3/2020), Singapura memang selama ini mengimpor sebagian besar pasokan makanannya dari Malaysia sebagai sumber utama.

Wabah Virus Corona PM Malaysia Batasi Pergerakan Nasional, Tempat Ibadah dan Bisnis Ditutup

Banyak pula warga dari kedua negara itu yang bepergian, saling mengunjungi Malaysia dan Singapura setiap harinya.

Menurut Sing, pemerintah Singapura telah secara aktif bekerja sama dengan para pelaku usaha untuk meningkatkan stok makanan dan pasokan lainnya yang sangat penting bagi warga dan perekonomian Singapura selama dua bulan terakhir.

"Ini berarti bahwa kami tidak dalam kondisi darurat kehabisan stok makanan dan persediaan lainnya yang biasanya dibawa oleh para pengecer kami," kata Sing dalam sebuah postingannya di akun Facebook miliknya.

Ia mengklaim Singapura memiliki kemampuan produksi lokal untuk menghasilkan produk seperti mie, susu bubuk bayi dan produk-produk kaleng.

Singapura, kata dia, dapat meningkatkan produksi secara cepat jika diperlukan, dan negara kecil ini juga memiliki beragam sumber daya cukup terkait kebutuhan pokok.

Saat Singapura meningkatkan level kewaspadaannya terhadap virus corona pada awal Februari lalu, negara ini telah memicu kepanikan bagi warganya.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved