Virus Corona

Masyarakat Diimbau Aktif Jadi Relawan Pejuang Perangi Wabah Covid-19

Kini masyarakat diimbau aktif turut serta menjadi relawan pejuang untuk memerangi wabah Covid-19 sebagaimana disebutkan Presiden Joko Widodo bahwa sol

Warta Kota
Penyemprotan Disinfektan di Sekolah 

Kini masyarakat diimbau aktif turut serta menjadi relawan pejuang untuk memerangi wabah Covid-19 sebagaimana disebutkan Presiden Joko Widodo bahwa solidaritas bersama menjadi modal sosial bagi upaya menekan wabah virus tersebut.

Anggota DPR RI Marwan Jafar di Jakarta, Selasa (17/3/2020) mengatakan, saat ini mendesak dilakukan upaya pencegahan, penemuan (tracing), dan penanganan orang dengan terduga telah terinfeksi Covid-19 agar penyebarannya tidak semakin meluas.

“Ada baiknya dibentuk Relawan-Pejuang untuk memerangi virus corona (Covid-19) agar menekan penyebarannya. Ini juga sekaligus sebagai bentuk kegotongroyongan dan solidaritas sosial rakyat Indonesia,” katanya.

Marwan menilai perlunya juga sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dengan rakyat Indonesia dan seluruh elemen bangsa.

“Sekali lagi, kita harus bersatu padu memerangi virus corona. Caranya, membentuk posko-posko pelayanan di seluruh Indonesia buat mendeteksi-melacak adanya warga yang terduga terjangkit virus corona,” katanya.

 PENELITI AS Temukan Vaksin Virus Corona, Mulai Diuji Coba ke Ibu Dua Anak dan Diberi Kode mRNA-1273

 Anies Ajukan Surat kepada Kemenkes Soal Kewenangan DKI Tangani Corona

 Preview PS Tira Persikabo vs Persita Tangerang: Widodo C Putro Tak Ragu Ungkap Rahasia

 Liga 1 2020 Dihentikan 2 Pekan, Sergio Farias Berencana Liburkan Pemain Persija Jakarta

Relawan-Pejuang ini bisa berasal dari sejumlah ormas atau organisasi profesional, mulai dari para peneliti, dokter maupun organisasi ahli-medis, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, kepramukaan, kampus, kalangan insan pers, serta sebaiknya melibatkan WHO.

“Sebab, selain memiliki legitimasi, WHO bisa juga memberikan supervisi dan arahan sesuai standar internasional," ujar legislator dari Fraksi PKB ini.

Langkah tersebut ditempuh, tambahnya, agar publik mengetahui bahwa masyarakat sungguh-sungguh ingin membantu pemerintah serta sebagai wujud nyata solidaritas sosial dan komitmen perang terhadap virus corona.

 Kasus DBD di Jakarta Barat Berada di Urutan Kedua Se-DKI Jakarta

Marwan mengapresiasi dan menyetujui langkah pemerintah yang telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional.

Ia menegaskan hal itu sebagai langkah yang positif serta akan berdampak baik pada pelibatan kepada seluruh elemen bangsa, dan para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencegah dan menangani agar virus corona tidak makin meluas ke seluruh Indonesia.

Hal itu juga merupakan wujud dari kepedulian negara demi keselamatan segenap rakyat, sekaligus respon cepat terkait bahaya virus corona yang dapat berdampak negatif pada sektor ekonomi serta masalah sosial dan psikologis. (Antaranews)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved