Pelajar SMP Negeri di Bekasi Terlibat Tawuran, Pemkot Bekasi Bakal Panggil Guru dan Orangtua Siswa

Tawuran pelajar terjadi di Jalan Baru Underpass, Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi mengakibatkan seorang pelajar tewas.

Pelajar SMP Negeri di Bekasi Terlibat Tawuran, Pemkot Bekasi Bakal Panggil Guru dan Orangtua Siswa
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat ditemui awak media di Stasiun Bekasi, pada Jumat (12/3/2020). 

Pemerintah Kota Bekasi bakal memanggil pihak sekolah dan orangtua untuk melakukan evaluasi terkait peristiwa tawuran pelajar tingkat SMP Negeri, pada Kamis (12/3/2020) malam.

Diketahui tawuran yang melibatkan pelajar SMP Negeri dan SMP Swasta di Jalan Baru Underpass, Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi menyebabkan satu pelajar tewas dan satu lainnya mengalami luka.

"Ini kan melibatkan pelajar SMP dan bahkan negeri maka ini jadi bahan evaluasi kita menyeluruh, kedepannya kita akan adakan evaluasi menyeluruh baik itu tim pengajar (sekolah) dan orangtua," ujar Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto kepada awak media di Stasiun Bekasi, pada Jumat (12/3/2020).

Tri menyebut pihaknya akan melihat persoalan tawuran pelajar ini dari berbagai sudut pandang. Ia jugaakan mencari persoalan mendasar bisa sampai terjadi kegiatan tawuran.

KRONOLOGI Tawuran Pelajar Tewaskan Satu Orang di Bekasi, Sudah Direncanakan dan Pilih Tempat Sepi

"Persoalan mendasarnya harus kita cari terkait dengan apa paradigma pelajar-pelajar ini, mereka ini harus ditempa menjadi pribadi yang humble pribadi yang baik," beber dia.

Maka dari itu salah satu langkahnya, sambung Tri, yakni dengan membumikan pancasila, sehingga pancasila jangan hanya dihafalin tetapi juga diaplikasikan dalam kehidupan sehhari-hari.

"Termasuk dalam pertemanan, persahabatan bagaimana. Kita udah ingatkan bagiaman menumbuhkan rasa kreativitas daya sikap, perilaku yang penting membangun saling menyayangi ke semua siswa yang ada," imbuh dia.

Tri juga menyoroti tindakan tawuran terjadi karena lingkungan rumah yang kurang baik.

Seperti orangtua yang kurang perhatian terhadap anaknya hingga pengaruu buruk pertemanan di area lingkungan rumahnya.

Tawuran Pelajar di Bekasi Timur Semalam, 1 Orang Tewas Dibacok Parang

"Rumah yang hebat akan membentuk kepribadian yang baik. Jadi semua sumber itu dari rumah, di rumah itu ada faktor orangtua dan lingkungan teman," papar dia.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Murtopo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved