Breaking News:

Ekonomi Indonesia Ikut Terimbas Virus Corona, Sandiaga Uno Bilang Begini

Menurut Sandiaga, pertama, pemerintah harus mengutamakan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara bertajuk Opposition Leaders Economic Forum di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (13/3/2020). 

Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Indonesia pun tidak luput dari dampaknya terutama di  bidang perekonomian. Mulai dari pasar saham hingga pariwisata pun ikut ‘terjangkit’ virus tersebut.

Pengusaha yang juga Politisi Sandiaga Uno angkat bicara tentang fenomena Covid-19 ini. Dia pun memberikan tiga solusi atau pesan kepada pemerintah dalam mengurangi dampak Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia.

Menurut Sandiaga, pertama, pemerintah harus mengutamakan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

"Selain kesehatan, ekonomi masyarakat juga harus dijaga dengan memberikan kepastian lapangan pekerjaan agar konsumsi tetap terjaga. Jadi, pemerintah terlebih dahulu mementikan kepentingan masyarakat atau People First,” ujar Sandi dalam acara KahmiPreneur di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Pemerintah, kata dia, harus melakukan langkah-langkah antisipatif dan solutif. Apalagi, katanya, dampak Covid-19 ini membuat ekonomi global melambat, kenaikan harga minyak dan turbulensi di pasar keuangan dunia. Untuk itu, pemerintah perlu membuat kebijakan-kebijakan realistis dalam mengatasi dampak Covid-19.

Sandi juga menegaskan pemerintah perlu memenuhi pasokan kebutuhan masyarakat sehari-hari sebagai langkah antisipasi kedua. Mulai dari kuantitas hingga distribusinya ke masyarakat. Sehingga, ancaman disrupsi pasokan kebutuhan pangan masyarakat todak akan terjadi.

Terlebih sebentar lagi memasuki Bulan Ramadan yang biasanya juga terjadi kenaikan harga-harga bahan makanan.

"Selain daripada mengamankan pasokan, pemerintah juga harus memastikan rantai distribusi menjadi sederhana dan berkeadilan. Dengan begitu harga-harga dapat dijaga dengan baik,” tegasnya.

Langkah ketiga, lanjut Sandi, pemerintah harus menciptakan peluang di tengah kondisi yang memprihatinkan, salah satunya dengan mendorong kemudahan berusaha para entrepreneur atau pelaku UMKM. Menurutnya, UMKM ini yang akan menolong ekonomi Indonesia jika terjadi turbulensi seperti saat ini.

“UMKM itu tahan terhadap krisis atau turbulensi ekonomi. Maka, pemerintah harus menjaga kemudahan berusaha para pelakunya,” kata Sandiaga.

"Saya menawarkan anti virus corona yaitu dengan menebar virus-virus kewirausahaan, virus ini bisa dikembangkan oleh organisasi KAHMI, saya melihat 17 persen populasi di Indonesia 17-24 tahun ini golden age, ini masa depan kita," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sandiaga Uno Tawarkan Virus Kewirausahaan Selamatkan Ekonomi di Tengah Krisis Karena Corona

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved