Breaking News:

Virus Corona

Happindo Berharap Warga Tak Panic Buying di Tengah Virus Corona

Menurut Tutum, aksi panic buying ini harus segera diatasi, sebab ia takut jika tidak diatasi akan berlarut-larut

Warta Kota/Joko Supriyanto
Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan sidak ke Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). Sidak dilakukan lantaran adanya kenaikan harga rempah-rempah dampak wabah virus corona di Indonesia. 

Dewan penasehat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Tutum Rahanta menyinggung akan aksi panic buying yang lakukan masyarakat ditengah virus corona.

Atas kondisi ini ia pun meminta masyarakat tak perlu panik, sebab kebutuhan pokok sendiri masih mencukupi, namun jika terus terjadi panic buying tentu meski tercukupi maka akan mempengaruhi stok yang ada.

"Kalau di Rush dengan serta Merta, barang ini tidak akan cukup. Siklus untuk dari gudang ke toko tempat pemajangan, tidak keburu, karena orang berebutan dan ini hampir di setiap daerah manapun terjadi," kata Tutum dalam Diskusi 'Corona Datang Bisnis Meradang' di Tanah Abang, Rabu (11/3/2020).

Anies : PNS yang Memiliki Gejala Virus Corona Mengisolasi Mandiri, Gaji dan Tunjangan tidak Dipotong

Menurut Tutum, aksi panic buying ini harus segera diatasi, sebab ia takut jika tidak diatasi akan berlarut-larut, apalagi tak lama lagi akan memasuki bulan ramadhan, dimana sejumlah harga sangat sensitif.

"Ini kan sudah berjalan 10 hari sejak pengumuman Corona. Padahal tanpa ada kasus Corona pun sudah ada produk yang langka di pasaran, yaitu gula, akibat dari eksternal dan internal kita," katanya.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Indonesia Open 2020 Terancam Batal Digelar

Menurutnya Pemerintah harus tetap menjaga kesetabilan bahan pokok menjelang ramadhan nanti, jangan sampai terjadi polemik baru seperti penimbunan.

"Padahal dalam kondisi saat ini, kadang untuk mengejar ketersediaan stok pada momen keagamaan tersebut, kadang memang harus menyetok. Sebab, industri dimanapun tidak bisa menyediakan barang secara mendadak, ini harus jadi perhatian," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved