Quipper Sukses Uji Coba UN Online untuk 160.000 Siswa SMP dan SMA se-Indonesia

Quipper melakukan try out online nasional yang melibatkan 160.000 peserta siswa SMP dan SMA se-Indonesia.

Editor: Eko Priyono
Dok Quipper
Diskusi Pendidikan bersama Quipper di Jakarta, Selasa (10/3/2020). 

Demi mempersiapkan para siswa untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau UTBK SBMPTN, Quipper melakukan try out online nasional.

Quipper merupakan perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran dalam jaringan (online).

Pada tahun ajaran 2019/2020 ini, Quipper telah menyelenggarakan beberapa kali uji coba (try out) online dengan melibatkan 160.000 peserta siswa SMP dan SMA se-Indonesia.

Pelaksanaan online try out nasional menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pendidikan Kota Denpasar, dan Universitas Andalas.

Dinas Pendidikan Kota Depok Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada April Mendatang

Cerita Tasya Kamila Ikut Ujian Nasional Sempat Stres Sampai Bikin Bentol di Badan

JADWAL Ujian Nasional 2020: UN Terakhir Sebelum Diganti Dua Program Nadiem Makarim

"Pelaksanaan try out ini sebagai komitmen Quipper selaku perusahaan pendidikan terkemuka dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan," kata Fajrie Nuary, strategy planner Quipper Indonesia seusai diskusi pendidikan yang digelar di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Menurut Fajrie, sejatinya try out dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa yang nantinya akan menghadapi ujian.

Dengan mengikuti try out ini, lanjutnya, siswa bisa mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan.

Selain itu, bisa dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bakal menghapuskan Ujian Nasional pada tingkat pendidikan dasar, menengah dan atas pada tahun 2021.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bakal menghapuskan Ujian Nasional pada tingkat pendidikan dasar, menengah dan atas pada tahun 2021. (Warta Kota/Rizki Amana)

"Try out nasional sukses digelar di 396 kabupaten dan kota di Indonesia ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak seperti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Denpasar, dan juga Universitas Andalas Padang. Quipper sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan try out online nasional ini," ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, Quipper Indonesia memilih 15 peserta dengan nilai tertinggi dari lima kategori.

Ke-15 peserta itu berhak mendapatkan total hadiah uang sebesar Rp 10 juta sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka dalam menyelesaikan try out.

Mengenai soal try out online, Fajrie menuturkan setiap tahun Quipper selalu meningkatan tingkat kesulitan soal yang mengarah pada konsep daya nalar tingkat tinggi.

"Try out yang dilakukan mendapatkan antusias yang sangat baik dari para siswa di seluruh Indonesia karena tidak hanya dapat diakses oleh pengguna Quipper saja, namun juga oleh umum," ucap Ruth Ayu Hapsari, business development manager Quipper Indonesia.

Sementara itu Staf Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Anang Purnomo menyebutkan guru dan siswa sangat terbantu dengan adanya try out ini.

Pasalnya, dari hasil try out tersebut para guru mengetahui kelemahan siswa pada setiap materi dan melakukan sejumlah perbaikan.

"Kami puas dengan hasil try out yang dilaksanakan pada bulan November lalu karena itu sangat membantu siswa," ujarnya.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved