Virus Corona

Virus Corona Mewabah, Ratusan WNA China Bertahan di Kalsel, 12 di Antaranya Habis Izin Tinggalnya

Virus Corona Mewabah, Ratusan WNA China Bertahan di Kalsel, 12 di Antaranya Habis Izin Tinggalnya

Istimewa
Aboebakar Alhabsyi Sambangi Kantor Kemenkumham Kalsel pada Jumat (6/3/2020). 

Anggota Komisi III DPR RI, Aboebakar Alhabsyi menyambangi Kantor Kemenkumham Kalimantan Selatan, Jumat (6/3/2020) kemarin. 

Selain untuk mengisi reses, kedatangan Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan 1 itu guna memastikan lalu lintas Warga Negara Asing di Kalsel.

Dijelaskan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR ini, dirinya berkoordinasi dengan Kadiv Imigrasi Kalimantan Selatan terkait pengawasan lalu lintas TKA China atau yang berasal dari negara pendemik Corona.

“Saya ingin berkoordinasi dengan mitra kerja, untuk memastikan imigrasi di Kalsel sudah siap menghadapi persoalan Corona,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (7/3/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Habib ini, untuk mengantisipasi penularan Corona, dirinya minta kedatangan TKA China dipantau dengan ketat oleh Imigrasi Kalsel.

"Harus ada koordinasi antara Kawil Kemenkumham dengan satuan kerja terkait seperti Dinas Kesehatan dan Bandara Syamsudin Noor. dengan demikian, kerja pemantauan akan dapat dilakukan secara optimal,” urainya.

Masih kata Habib, Imigrasi Kalsel menyampaikan pihaknya tidak bisa memantau perlintasan WNA dari China, karena mereka masuk dari Jakarta. 

“Menurut informasi yang disampaikan Kadiv Imigrasi Kalsel, Sampai saat ini ada 139 TKA China yang sudah datang sebelum virus Corona menyebar," ungkap Aboebakar. 

"Setelah terdampak virus Corona di China, saat ini ada 12 orang yang ijin tinggalnya habis, mereka mendapat fasilitas ijin tinggal terpaksa karena tidak bisa balik ke China lantaran tidak ada penerbangan," tegasnya.

Dalam akhir perjuampaannya, Aboebakar meminta agar keberadaan TKA China dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat, sehingga tidak akan membuat kecurigaan warga atau ketakutan warga terhadap virus Corona.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved