MotoGP 2020

CEO Dorna Bingung Menetapkan Jadwal MotoGP 2020

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, bingung untuk menentukan jadwal lomba MotoGP 2020, oleh karena belum ada kepastian kapan wabah virus corona itu berakhir.

motogp.com
Carmelo Ezpeleta 

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, bingung untuk menentukan jadwal lomba MotoGP 2020, oleh karena belum ada kepastian kapan wabah virus corona itu berakhir.

Ezpeleta pun mengatur beberapa strategi, namun semua serba tentatif. Akibat virus corona, lomba kelas MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, dibatalkan dan hanya menghelat kelas Moto2 dan Moto3.

Carmelo Ezpeleta.
Carmelo Ezpeleta. (Warta Kota/Getty Images)

Kelas Moto2 dan Moto3 bisa tetap berlomba lantaran semua tim dan pebalap sudah tiba di Qatar sejak akhir pekan lalu untuk melakoni tes pramusim.

Kemudian lomba putaran kedua di Sirkuit Buriram, Thailand, juga ditunda. Dalam pengumuman revisi jadwal, GP Thailand menjadi lomba putaran ke-15 kelas MotoGP 2020 (kelas Moto2 dan Moto3 menjalani lomba ke-16 di Buriram) dan berlangsung tanggal 4 Oktober.

Menurut Ezpeleta, kemungkinan terburuk buat MotoGP 2020 adalah hanya menggelar 13 lomba. Karena sesuai regulasi dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), ajang MotoGP baru bisa berstatus Kejuaraan Dunia jika menggelar minimal 13 lomba.

Ezpeleta juga menyebut seandainya virus Corona terus membatalkan atau menunda sebuah ajang balap, maka MotoGP musim ini bisa baru berakhir pada 25 Desember atau saat Natal.

"Secara kontrak dengan FIM ada 13 balapan tetapi tujuan kami adalah melakukan 19 balapan yang tersisa," kata Ezpeleta.

"Ada kemungkinan bahkan dalam kasus terburuk, mungkin kami akan berlomba di negara-negara panas (lomba kawasan Asia atau akhir musim MotoGP 2020) saat Natal," imbuhnya.

Karena kemungkinan molornya MotoGP 2020, Dorna sudah meminta pihak FIM untuk menunda gelaran FIM Prize Giving (malam penghargaan untuk para juara dunia di semua kategori balap motor berstatus Kejuaran Dunia) yang seharusnya berlangsung 21-22 November.

Valentino Rossi merupakan salah satu pebalap MotoGP yang kecewa lomba ditunda. Lantaran seri balapan MotoGP telah dinantikan oleh para rider sejak lama.

Halaman
123
Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved