Berita Video

VIDEO: Polisi Dalami Laporan Terhadap Fahira Idris Terkait Isu Virus Corona

"Minggu sore, kami terima laporan atas akun twitter @FahiraIdris terkait hoaks isu corona atau dugaan pelanggaran UU ITE

Istimewa
Anggota DPD RI Fahira Idris 

Polda Metro Jaya akan mendalami laporan terhadap anggota DPD RI Fahira Idris yang dituduh telah menyebarkan hoaks terkait isu virus corona melalui akun twitternya @FahiraIdris.

Laporan diterima Polda Metro Jaya, Minggu (1/3/2020) sore.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Senin (2/3/2020).

"Minggu sore, kami terima laporan atas akun twitter @FahiraIdris terkait hoaks isu corona atau dugaan pelanggaran UU ITE. Saat ini laporan sudah dipelajari penyidik," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin.

Dari sana kata Yusri penyidik akan meminta klarifikasi terhadap pelapor. "Setelah itu akan kami mintai klarifikasi juga terhadap pemilik akun twitter @FahiraIdris," kata Yusri.

Setelah mengklarifikasi semua pihak terkait, menurut Yusri penyidik akan memutuskan apakah kasus ini memenuhi unsur pidana atau tidak.

"Pelapornya diketahui dari advokasi atau lembaga," kata Yusri.

Seperti diketahui anggota DPD RI asal DKI Jakarta Fahira Idris dilaporkan oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Habib Muanas ke Polda Metro Jaya. 

Fahira dilaporkan terkait berita bohong atau hoaks ihwal pengawasan virus corona  (Covid-19) di berbagai wilayah di Indonesia. Dugaan hoaks itu diunggah oleh akun twitter @FahiraIdris.

Laporan itu teregister dalam laporan nomor LP/1387/III/Yan.2.5/ 2020/SPKT/PMJ tertanggal 01 Maret 2020.

Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 ayat 2 Jo. Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang 19 Tahun 2016 tentang ITE.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved