Virus Corona

Ridwan Kamil Minta Warga Tak Panik dan Tak Perlu Memakai Masker Bagi yang Sehat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga jangan panik dengan ditemukannya dua warga Depok yang positif terkena virus Corona.

Ridwan Kamil Minta Warga Tak Panik dan Tak Perlu Memakai Masker Bagi yang Sehat
Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan dari Provinsi Jabar ke Pemkot Depok di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Senin (2/3/2020) 

Laporan Wartawan Warta Kota, Vini Rizki Amelia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga jangan panik dengan ditemukannya dua warga Depok yang positif terkena virus Corona.

Diantaranya dengan tidak menggunakan masker ataupun melakukan penimbunan masker.

"Kami sudah koordinasi dengan Polda Jabar dan kepolisian untuk mengantisipaai adanya penimbunan, kalau memang ada akan dilakukan tindakan hukum," papar Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan 10 ribu masker ke Pemkot Depok di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Senin (2/3/2020).

Sesuai dengan instruksi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan bahwa mereka yang sehat untuk tidak menggunakan masker.

Warga Depok Positif Virus Corona, Dinas Kesehatan Kota Bekasi Minta Warga Jangan Panik

"Merujuk omongan Menkes, masker itu untuk orang yang sakit, jangan sampai orang-orang yang membutuhkan masker kehabisan gara-gara diborong sama yang sehat," papar Emil.

Dalam kunjungannya memantau langsung kejadian yang menimpa warga Depok ini, Emil juga menyerahkan bantuan berupa 10 ribu masker kepada Pemkot Depok.

"Kami bawa 10 ribu masker yang kami titipkan di Pemkot untuk disimpan di titik-titik pelayanan kesehatan puskesmas, klinik, rumah sakit," kata Emil.

Seusai Presiden Jokowi Tetapkan 2 WNI Positif Virus Corona, Harga Masker naik 7 Kali Lipat

"Jaga-jaga kalau ada yang sakit membutuhkan masker di lapangan," paparnya.

Terkait berita-berita disejumlah sosial media yang menggambarkan warga yang memborong sembako, Emil mengatakan hal itu tidak perlu dilakukan.

Sebab, menurutnya suplay dan demand sembako Indonesia khususnya Jabar masih normal dan tak ada persoalan apapun.

Begini Kondisi Terbaru 2 Warga Depok yang Positif Virus Corona

"Berita-berita (warga borong sembako) ini kan bikin panik sehingga terjadi panik bait," kata Emil.

"Kalaupun ada kejadian (Corona menyebar), Indonesia telah menyiapkan 100 rumah sakit, Jabar juga menyiapkan 28 RS daerah termasuk RS Hasan Sadikin (Bandung)" papar Emil.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved