Dorong Sinergi BUMD dan BPD, OJK Membuat Master Plan 2020-2024

Juga di sektor ketahanan pangan bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang

Dorong Sinergi BUMD dan BPD, OJK Membuat Master Plan 2020-2024
istimewa
Seminar Nasional BPD Se-Indonesia Sinergi BUMD DKI Jakarta yang diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara (22/02/2020). 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank DKI terus mengembangkan sinergi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga sinergitas ini bisa dijadikan contoh bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang lain.

“Kami apresiasi dengan dimulai oleh Bank DKI yang membangun sinergi dengan baik. Kami ajak kawan-kawan BPD lainnya untuk meniru DKI agar sinergi tersebut dapt membangun daerahnya masing-masing,” kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Achmad Soekro Tratmono, dalam keterangan resmi, Minggu (1/3/2020).

Apa Kabar Firman Utina? Ternyata Jadi Pelatih SSB, dan Dapat Sindiran Seperti Ini

Ini Nasib Akhir Kepala Desa yang Digerebek Tengah Berduaan dengan Istri Orang di Hotel

Komplotan Pembobol ATM, Tiga Pelaku Dilumpuhkan dengan Timah Panas

Soekro mengatakan, sinergitas BPD dengan BUMD di daerahnya sangat membantu mengembangkan potensi daerah agar menjadi modal utama pembangunan daerah. Apalagi BPD adalah bank yang tahu kultur dan karakter prilaku daerahnya.

Untuk mewujudkan itu, ucap Soekro, OJK membuat master plan 2020-2024 yang berisi beberapa hal. Di antaranya melakukan penguatan ketahanan dan daya saing dengan cara konsolidasi dan perkuatan permodalan; transformasi BPD ke sistem digital dan digitalisasi produk; percepatan perkembangan ekosistem jasa keuangan seiring dengan pembangunan; dan meningkatkan literasi inklusi keuangan.

Edson Tavares Puji Permainan Riko Simanjuntak, Sebut Pemain Baru Persija Tak Banyak Berkontribusi

Ditjen Kekayaan Intelektual Gerebek Ruko Terkait Dugaan Tayangan Konten Mola TV

“Master plan ini juga membahas soal percepatan dan perluasan pengawasan berbasis teknologi, peningkatan skala ekonomi industri melalui skala peningkatan minimum dan akselerasi konsolidasi; serta mitigasi risiko yang ada,” katanya.

“Kami ingin BPD lebih maju dan lebih bermanfaat pada masyarakat daerah. Kami sambut baik sinergi yang terus dikembangkan. Melalui sinergi ini kami dorong BPD untuk konsolidasi menyelesaikan permasalahan BPD,” tambahnya.

Konsisten

Direktur Utama Bank DKI, Zainuddin Mappa, menuturkan, Bank DKI secara konsisten membangun sinergi BUMD di DKI Jakarta. Antara lain, di sektor transportasi dengan mengakomodasilayanan non tunai dengan JakCard di Transjakarta, MRT, Railink, dan Commuter Line.

TikTok Ajak Kreator Sebar Pesan Positif Lewat Program Sama-sama di TikTok

Wali Kota Tangerang Resmikan Taman Kreatif di Bantaran Cisadane

Gerindra Pastikan 90 Persen SK DPP Bertuliskan Nama Pradi Supriatna Calon Wali Kota Depok di Pilkada

Juga di sektor ketahanan pangan bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang. Lalu. bersama Pasar Jaya dengan menyediakan Tabungan Monas Bisnis Perkulakan. Di sektor UMKM bersama Dinas UMKMP dan Dinas Perindustrian DKI Jakarta dalam program kredit pada peserta Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Di sektor dengan PT Jakarta Tourisindo untuk pemanfaatan layanan jasa perbankan dan jasa perhotelan dengan memberikan fasilitas akses pembiayaan dan layanan e-channel seperti Cash Management System (CMS); layanan fasilitas perbankan berupa pembukaan rekening tabungan, deposito dan giro; serta pemberian fasilitas Kredit Multi Guna dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kepada karyawan PT Jakarta Tourisindo.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved