Breaking News:

Penangguhan Perjalanan Umrah

Belum Ada Titik Terang Pencabutan Penangguhan Umrah, Masyarakat Diimbau Tak Buru-buru Lakukan Refund

Richan menyebut, sejauh ini para calon jamaah cukup memahami kondisi yang ada.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Feryanto Hadi
Dok. AP II
PT Angkasa Pura II bersama maskapai melakukan asistensi kepada jemaah umrah yang sudah terlanjur tiba di bandara namun tidak diberangkatkan. 

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) meminta masyarakat dalam hal ini calon jamaah umrah agar memahami kondisi yang ada terkait kebijakan penangguhan perjalanan umrah yang dikeluarkan pihak Arab Saudi.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Amphuri, Richan Mudzakar mengungkapkan, kebijakan tersebut sebagai bentuk antisipasi atau kewaspadaan mengingat penyebaran virus corona begitu masif.

Meski demikian, pihaknya serta pemerintah sudah melakukan sejumlah upaya untuk meyakinkan pihak Arab Saudi bahwa Indonesia hingga saat ini masih bebas dari virus mematikan itu.

Pengendapan Dana Jamaah Terkait Penangguhan Umrah Akibat Corona Capai Triliunan Rupiah

Perjalanan Umrah Ditangguhkan, Perusahaan Travel Sahrul Gunawan Berpotensi Rugi Miliaran Rupiah

"Kami asosiasi meminta kepada jamaah supaya mengerti. Arab Saudi juga membuat kebijakan ini bukan tanpa alasan, buat kemaslahatan ummat. Apalagi juga soal persiapan haji nanti. Karena haji nanti dua juta orang akan berkumpul dalam hari dan tempat yang sama," ujar Richan kepada Warta Kota, Sabtu (29/2/2020).

Richan menyebut, sejauh ini para calon jamaah cukup memahami kondisi yang ada. Sehingga, nyaris tidak ada protes terhadap perusahaan penyelenggara perjalanan umrah.

"Sejauh ini alhamdulillah animo dari masyarakat tinggi, tapi pengertian dari masyarakat juga tinggi. Jadi, di 27 Februari itu ramai, tapi di tanggal 28 sudah tidak karena mereka memahami," kata dia.

Hanya saja, ia memahami kekhawatiran calon jamaah karena kebijakan penanggunan tersebut belum bisa dipastikan sampai kapan akan dicabut.

Lupakan Kegagalan di Pileg 2019, Yusril Ihza Mahendra Siapkan Kader Unggulan Hadapi Pemilu 2024

Curhat Nyesek Prilly Latuconsina Saat Cintanya Tak Terbalas

Meski demikian, Richan meminta agar calon jamaah bersabar dan tidak terburu- buru melakukan refund.

"Sikap dari asosiasi kami hanya mengimbau supaya para jamaah yang sudah terdaftar itu melakukan reschedule. Jangan refund," katanya..

"Sebab kalau refund akan memakan waktu. Refund hari biasa saja bisa satu bulan, apalagi kondisi begini. Karena dana itu sudah tidak ada di kita. Sudah ada di maskapai dan hotel. Karena semua sudah kita koordinasikan dan sudah kita bayarkan," ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved