Berita Video

VIDEO: Arab Hentikan Umroh, Biro Perjalanan Sebut Jamaah Dirugikan

Direktur Babul Ka'bah, Rini mengaku pada tanggal 2 Maret 2020 ini pihaknya bakal memberangkatkan 45 jamaah umrah melalui biro perjalanannya.

VIDEO: Arab Hentikan Umroh, Biro Perjalanan Sebut Jamaah Dirugikan
istimewa
Menindaklanjuti penangguhan sementara kedatangan jemaah umrah ke Arab Saudi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19), PT Angkasa Pura II pada hari ini melakukan koordinasi secara intensif dengan maskapai yang melayani penerbangan menuju Arab Saudi. 

Penangguhan akses masuk ke wilayah Arab Saudi yang ditetapkan oleh pemerintahan Arab Saudi berdampak terhadap biro perjalanan umrah di tanah air. 

Beberapa biro perjalan umrah pun harus terpaksa mengatur ulang jadwal pemberangkatan kepada jamaah yang sudah terjadwal melakukan perjalan di waktu kebijakan tersebut diputuskan. 

Hal ini pula yang membuat pihak biro perjalanan umrah Babul Ka'bah yang terpaksa menagtur ulang jadwal pemberangkatan para jamaahnya ke tanah suci Mekkah bagi umat beragama Islam. 

Direktur Babul Ka'bah, Rini mengaku pada tanggal 2 Maret 2020 ini pihaknya bakal memberangkatkan 45 jamaah umrah melalui biro perjalanannya. 

Namun, perjalanan itu dipastikan batal mengingat kebijakan penangguhan memasuki kawasan Arab Saudi terkait penyebaran virus corona. 

"Kita rencana tanggal 2 Maret berangkat ada 45 orang, tanggal 10 Maret ada 40 jemaah. Memang agak sedikit dipusingkan dengan adanya ini. Karena semua keberangkatan grup jamaah ini sudah kita persiapakan jauh hari sebelumnya. Tiket, hotel, visa, kemudian jamaah juga sudah siap semua dengan perlengkapannya," kata Rini saat ditemui dikantornya, Jalan Fatmawati Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

Rini pun mengaku bahwa para jamaah yang rencananya bakal diberangkatkan pada jadwal tersebut dapat menerima keputusan itu. 

Meski kekecewaan tak dapat terhindarkan dikarenakan persiapan yang matang telah dilakukan oleh para jamaah umrah.

Ia mengatakan kerugian lebih berdampak pada pihak jamaah, terlebih mereka yang berada di luar kota Jakarta. 

Sebab, para jamaah dari luar wilayah Jakarta itu terpaksa merugi akibat tiket perjalanan domestik yang dibatalkan.

Halaman
12
Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved