liga italia

Gennaro Gattuso Minta Skuadnya Fokus Lawan Torino

Setelah mampu menahan imbang 1-1 Barcelona di pentas leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Napoli kini mengalihkan perhatian melawan Torino.

Gennaro Gattuso Minta Skuadnya Fokus Lawan Torino
The National
Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso 

Setelah mampu menahan imbang 1-1 Barcelona di pentas leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Napoli kini mengalihkan perhatian ke laga pekan ke-26 Serie A Italia melawan Torino, Minggu (1/3) dini hari WIB.

Pada laga di Stadio San Paolo itu, skuad asuhan Gennaro Gattuso ini akan mendapat dukungan penuh pendukungnya. Mereka tak rela melihat tim kesayangannya yang berada di urutan keenam klasemen sementara itu harus takluk di kandang dari Torino, penghuni urutan ke-14.

Stephane Chapuisat dan Gennaro Gattuso menjalani laga eksibisi legenda timnas Swiss dan Italia pada 7 Juli 2017.(AFP/FABRICE COFFRINI)
Stephane Chapuisat dan Gennaro Gattuso menjalani laga eksibisi legenda timnas Swiss dan Italia pada 7 Juli 2017.(AFP/FABRICE COFFRINI) (Kompas.com)

Napoli dalam laga ini jelas akan lebih diunggulkan. Mereka pun optimistis mampu mengamankan poin penuh. Dalam lima pertandingan terakhirnya Napoli berhasil meraih tiga kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. Sejauh ini Napoli berhasil meraih 10 kemenangan, enam kali imbang dan
sembilan kali kalah. Di pertemuan pertama di kandang Torino skuad Napoli berhasil menahan imbang dengan skor 0-0.

Sementara Torino musim ini dalam penampilan yang sangat buruk hingga pekan ke-25 Serie A, Torino penampilannya terus menurun. Saat ini mereka duduk di peringkat ke-14 dengan 27 poin dari 25 laga. Dalam lima laga terakhirnya Torino selalu kalah, sejauh ini m ereka hanya mampu meraih delapan kemenangan, tiga kali imbang dan 13 kali kalah.

Karena itu, Gattuso berharap skuadnya bisa bermain maksimal saat menjamu Torino, yang secara kualitas jauh di bawah mereka. Gattuso meminta anak asuhnya mengalihkan fokus sejenak dari pentas Liga Champions.

Sebelumnya, Gattuso sangat berapi-api saat mampu menahan imbang Barcelona. Menurutnya, laga leg kedua di kandang Barcelona, Camp Nou, adalah laga berat.

Maka, pelatih berusia 42 tahun itu mengibaratkan peperangan. Maka dari itu ia akan mempersiapkan segala hal, seperti membeli helm dan baju besi untuk digunakan di pertandingan tersebut. Dalam artian, Napoli siap tampil habis-habisan pada leg kedua.

"Tidak ada yang berakhir bagi kami ketika kami bermain di 16 besar di Liga Champions. Kami tahu kesulitan yang kami alami. Kami akan membeli helm dan baju besi. Kami akan mendapatkan semua alat yang diperlukan dan akan memainkan laga berikutnya. Tidak ada yang berakhir," tegas Gattuso.

Namun, laga leg kedua itu baru terlaksana pada 19 Maret mendatang. Gattuso meminta skuadnya untuk fokus pada laga-laga di liga domestik dulu sebelum menuju laga perang melawan Barcelona.

Bahkan, setelah melawan Torino, mereka akan menghadapi Inter Milan di pentas Coppa Italia, 6 Maret mendatang. Kemenangan dari Torino bisa menjadi modal Napoli. Namun, jika kalah, mental anak asuh Gattuso akan jatuh saat bertemu Inter Milan.

Sementara itu, bagi skuad asuhan Moreno Longo, laga melawan Napoli ini bisa menjadi momentum kebangkitan mereka. Performa buruk itu bisa segera pulih, jika mampu menaklukkan Napoli.

Longo yang baru ditunjuk manajemen Torino awal Februari ini hanya bisa meminta dukungan dari para suporter Granata supaya bisa mengangkat prestasi tim di Serie A musim ini.

"Saya tahu betul para fans dan saya juga paham mereka bisa membantu para pemain di tim. Saya berharap semoga kedatangan saya ini bisa mengembalikan atmosfer positif di antara para fans. Kami harus bisa menyalakan kembali rasa antusiasme itu dalam diri mereka," ucapnya.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved