Virus Corona

Awas, Wabah Gelombang Kedua Virus Corona atau Covid 19, Kuatkan Daya Tahan Tubuh

"Kini sudah 34 negara yang komfirmasi positif Covid 19. Pemerintah tidak bilang Indonesia bebas dari Covid 19, tapi memang kasusnya belum ditemukan"

Wartakotalive.com/Mohamad Yusuf
Petugas gabungan mengangkut peralatan medis untuk keperluan observasi 188 WNI di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jumat (28/2/2020). 

Daya tahan tubuh menjadi kunci untuk menghadapi virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menjaga etika batuk, mengonsumsi makanan sehat serta meningkatkan kekebalan tubuh dengan perbanyak vitamin.

CEPATNYA penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang dimulai pada akhir Desember 2019 Ialu, membuat pihak terkait termasuk ilmuwan dan praktisi kesehatan dunia bekerja keras untuk menemukan pola pengobatan dan vaksin untuk mengatasi penyebarannya.

Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia WHO per tanggal 24 Februari 2020 telah terjadi 78.811 kasus, 77.042 kasus di antaranya dilaporkan dari China (tersebar di 34 wilayah termasuk Hong Kong, Macau, dan Taipei).

Kasus konfirmasi yang dilaporkan di 28 negara di luar negara China, sebanyak 1.402 kasus dengan 17 kematian di 6 negara (Filipina, Jepang, Republik Korea, Perancis, Iran, dan Italia).

Intip Suasana Pulau Sebaru Kecil, Tempat 188 WNI Diobservasi Gara-Gara Virus Corona di Kapal Pesiar

Resah Virus Corona, Ribuan Warga Bikin Petisi ke Jokowi, Tolak Observasi 188 WNI ke Pulau Sebaru

Polisi Ciduk Penyebar Hoaks Virus Corona di Bandara Soetta, Tersangkanya Warga Jakarta Utara

”Pemerintah Indonesia merespon kejadian Coronavirus dengan sangat cepat, bahkan sebelum negara-negara lain melakukan tindakan-tindakan preventif," ujar Staff Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan dr Alexander K Ginting di acara Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI) tentang pencegahan, deteksi dan respon terhadap Covid 19 di Hotel Double Tree, Rabu (26/2/2020).

Berbagai cara telah dilakukan pemerintah seperti memperketat screening di berbagai pintu masuk seperti di bandara dan pelabuhan internasional, melakukan identifikasi, dan mitigasi mengidentiflkasi daerah yang berisiko menjadi pintu masuk virus mematikan itu, terutama karena memiliki akses langsung dari dan menuju Tiongkok.

"Kini sudah 34 negara yang komfirmasi positif Covid 19. Pemerintah tidak bilang Indonesia bebas dari Covid 19, tapi memang kasusnya belum ditemukan," katanya.

Penatalaksanaan wabah virus corona tidak semata-mata milik pemerintah tetapi swasta juga aktif mensosialisasikan.

"Kami siap menghadapai gelombang kedua setelah di Wuhan dengan kasus tinggi dan kematian. Sekarang gelombang kedua sudah di luar China yakni Korea Selatan dan kapal pesiar di Yokohama," papar dr Alex.

Lebih mengkuatirkan

Menurut dr Alex, gelombang kedua virus corona lebih mengkuatirkan.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved