Berita Jakarta

Wanita yang Melahirkan di Planetarium TIM Sempat Ditolong Pengunjung yang Berprofesi Bidan

Pengunjung itu berprofesi sebagai bidan, sehingga paham betul akan langkah yang harus dilakukan, sehingga tidak membuat beberapa petugas panik.

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang pengunjung Planetarium Jakarta melahirkan bayi perempuannya dibantu rekan-rekan dan petugas pengelola Planetarium Jakarta, Kamis (27/2/2020). 

"Beruntung dari pengujung tadi ada yang berprofesi sebagai bidan, namanya ibu sarah dari Bekasi, dia yang ikut mendampingi..."

KEPALA Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukkan dan Publikasi Planetarium Jakarta UP PKJ TIM, Eko Wahyu mengatakan pengunjung wanita yang melahirkan di Planetarium Jakarta sempat mendapatkan pertolongan  dari salah satu pengunjung lainnya.

Pengunjung itu berprofesi sebagai bidan, sehingga paham betul akan langkah yang harus dilakukan, sehingga tidak membuat beberapa petugas panik.

Tiba-tiba Alami Kontraksi, Seorang Pengunjung Planetarium Melahirkan Bayi Perempuan

KRONOLOGI Warga Ciledug Melahirkan di Mobil PLN Saat Banjir, Sempat Ribet Proses Administrasi Klinik

BREAKING NEWS, Ibu Ini Melahirkan Bayi dalam Kepungan Banjir di Tangerang, Kisahnya Bikin Terenyuh

Wanita hamil bernama Mulyani itu secara tiba-tiba mengalami kontraksi dan akhirnya melahirkan di depan kantor Planetarium TIM Jakarta Pusat, ketika ia dan rombongannya mengunjungi Planetarium.

"Beruntung dari pengujung tadi ada yang berprofesi sebagai bidan, namanya ibu sarah dari Bekasi, dia yang ikut mendampingi," Kata Eko, Kamis (27/2/2020).

Meski begitu karena tidak adanya alat medis, plasenta tidak dapat dikeluarkan, sehingga pemotongan plasenta pun terpaksa harus menunggu petugas Puskesmas Menteng tiba di lokasi.

"Bersama dengan damkar kita pinjem tandu dan dibawa ke Puskesmas Menteng untuk perawatan selanjutnya. Saat ini yang bersangkutan sudah di pusekesmas," katanya.

Tiba-tiba kontraksi

Eko, menjelaskan peristiwa itu terjadi ketika seorang wanita bernama Mulyani bersama rombongannya untuk datang ke Planetarium, namun saat berada di depan pintu Kantor Planetarium, wanita itu mengalami kontraksi.

"Awalnya kalo kita lihat pukul 10.15 WIB pengujung kita yang berjalan di dekat lobbi kantor teriak-teriak, akhirnya petugas kita mendatangi pengunjung itu, dan ternyata pengujung itu akan melahirkan," kata Eko.

Saat terjadi kontraksi akan melahirkan, wanita asal Rawa Buaya Cengkareng ini langsung duduk, dan dibantu oleh beberapa rekannya, dan mereka pun meminta pertolongan, tak berselang lama, bayi itu pun lahir.

"Ternyata ibu ini mau lahiran, dari situ kami langsung membuat penutup dengan mengunakan kain dan menghubungi petugas Puskesmas," kata Eko.

Ketika bayi lahir, plasenta tidak dapat dikeluarkan, sehingga meminimalisir hal yang tidak di inginkan, pihak Planetarium pun langsung menghubungi petugas Puskesmas Menteng.

"Itu plasenta kan tidak bisa di keluarkam makannya langkah kami langsung menghubungi petugas Puskesmas Menteng, baru setelah mereka tiba plasenta baru dapat dikeluarkan," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved