Virus Corona

Virus Corona Guncang Ekonomi Asia, Selain China, Korsel Terparah, Indonesia Malah Tahan, Kok Bisa?

Virus Corona Guncang Ekonomi Asia, Selain China, Korsel Terparah, Indonesia Malah Tahan, Kok Bisa?

Virus Corona Guncang Ekonomi Asia, Selain China, Korsel Terparah, Indonesia Malah Tahan, Kok Bisa?
twitter
WNI dari Wuhan disemprot cairan disinfektan begitu tiba di Bandara Hang Nadiem, Batam. Penyemprotan merupakan bagian kecil dari proses pencegahan terhadap wabah Virus Corona. Indonesia masih belum terdeteksi virus corona karena diprediksi ekonomi bertahan. 

 Virus Corona sudah menimbulkan korban jiwa sebanyak 2.469 orang dan 79.930 orang terinfeksi di seluruh dunia, Kamis (27/2/2020).

Banyak negara-negara di dunia pun kemudian mulai mengambil fokus perhatiannya untuk mencegah dan mengobati penyakit ini.

Namun, di luar itu, virus corona sebenarnya juga bisa memicu krisis ekonomi hebat karena aktivitas warga China kini dibatasi untuk mencegah penularan.

PM Lee Hsion Loong mengimbau agar masyarakat Singapura tak perlu panik menghadapi virus corona, tak perlu borong sembako dan menyimpannya
PM Lee Hsion Loong mengimbau agar masyarakat Singapura tak perlu panik menghadapi virus corona, tak perlu borong sembako dan menyimpannya (Kolase foto Wartakotalive.com (youtube/Prime Minister's Office, Singapore/KOMPAS.com/ ERICSSEN))

"Apakah Anda ingin tahu bagaimana dampaknya jika semua orang di China tinggal di rumah dan tidak melakukan apa-apa? Well, ini dia," papar Michael Every, Strategist Rabobank, seperti dilansir Reuters.

 Pasalnya, hasil polling Reuters menunjukkan, sebagian besar ekonomi utama di Asia diperkirakan akan melambat secara signifikan, berhenti tumbuh, atau mengalami penyusutan pada kuartal ini.

Banyak ekonomi Asia, yang baru pulih dari efek sengketa perdagangan AS yang berlangsung 18 bulan lamanya, kembali dihantam oleh wabah virus corona.

Indonesia Dianggap Tak Lagi Masuk Daftar Negara Berkembang oleh AS, Ini Kata Airlangga Hartarto

Gara-gara Virus Corona, Arab Saudi Tangguhkan Sementara Visa Umrah dan Wisata, Kecuali Kategori Ini

Wabah ini mengganggu rantai pasokan global yang menjadi andalan sebagian besar negara untuk perdagangan.

Alhasil, kegiatan ekonomi cenderung melambat, meski pada tingkatan yang berbeda-beda.

Prediksi para ekonom yang disurvei pada 19-25 Februari menunjukkan bahwa Australia, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Thailand, kesemuanya akan menunjukkan kinerja terburuk mereka selama bertahun-tahun pada kuartal pertama.

Hanya Indonesia yang diperkirakan akan tetap bertahan.

Maling di Rumah Quraish Shihab Lompati Pagar Lalu Petik Kaca Spion Mobil Alpard

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved