Virus Corona

Jadi Tempat Observasi 188 WNI, Persiapan Pulau Sebaru Capai 85 Persen

Jadi Tempat Observasi 188 WNI, Persiapan Pulau Sebaru Capai 85 Persen. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Jadi Tempat Observasi 188 WNI, Persiapan Pulau Sebaru Capai 85 Persen
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Pulau Sebaru jelang kedatangan para ABK Kapal Pesiar World Dream yang bakal diobservasi virus korona, Kamis (27/2/2020). 

PERSIAPAN Pulau Sebaru untuk dijadikan tempat observasi 188 WNI dari kapal pesiar World Dream selama 14 hari kedepan saat ini telah mencapai 85 persen.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan berdasarkan hasil dari peninjauan lokasi, persiapan lokasi penempatan WNI telah mencapai 85 persen.

“Kesiapan sudah 85 persen. Tinggal melengkapi fasilitas pendukung yang lain,” kata Hadi, dalam keterangannya, Kamis (27/2).

Melihat perkembangan persiapan yang dilakukan tim gabungan di lapangan, Hadi meminta agar proses persiapan rampung pada Jumat (28/2) sebelum pukul 08.00 WIB.

Jadi Lokasi Karantina Virus Corona ABK World Dream, Ini Sejarah Mengapa Pulau Sebaru Tak Berpenghuni

Waktu tersebut adalah perkiraaan KRI dr. Soeharso yang membawa WNI dari titik temu (rendesvouz) kapal pesiar World Dream di Kepulauan Riau akan tiba di Pulau Sebaru.

Direktur Pengelolaan Logistik BNPB, Rustian memastikan bahwa fasilitas untuk observasi WNI “jilid 2” ini lebih bagus dari yang sudah pernah dilakukan di Natuna pada akhir Januari 2020 lalu.

"Pulau Sebaru ini adalah rumah. Jadi ada kamar-kamarnya bagus, fasilitasnya sudah lengkap dan jauh lebih bagus dari Natuna. Diestimasikan dapat menampung sekitar 200 orang,” ujar Rustian.

Sebanyak lebih dari 760 petugas dari TNI, BNPB, dan tenaga kesehatan Kementerian Kesehatan disiagakan di Pulau Sebaru. Helipad khusus juga disiagakan untuk helikopter penunjang observasi.

Terdapat delapan bangunan di Pulau Sebaru yang akan digunakan dengan kondisi terawat. Tiga bangunan untuk tempat tinggal sementara bagi WNI pria dan satu bangunan untuk WNI wanita.

Fasilitas Observasi untuk 188 WNI di Pulau Sebaru Standar Rumah Sakit

Sementara satu bangunan akan digunakan untuk ruangan isolasi. Kemudian, satu bangunan akan disiagakan untuk posko kesehatan, satu bangunan untuk ruang karantina dan satu bangunan untuk ruangan ring satu.

Halaman
1234
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved