Sulit Kontrol Absen Karyawan Lapangan? Begini Caranya!

Sulit Kontrol Absen Karyawan Lapangan? Begini Caranya! Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Sulit Kontrol Absen Karyawan Lapangan? Begini Caranya!
istimewa
Aplikasi absensi karyawan berbasis mobile. 

BAGI pelaku bisnis online terutama yang bergerak di bidang barang seperti pakaian, sepatu, dan aksesoris sering menemui kesulitan untuk mengontrol aktivitas karyawan lapangan seperti bagian produksi, gudang, atau outlet. Hal yang paling sulit dikontrol adalah absensi. Apalagi jika jumlah karyawan yang dimiliki relatif banyak.

Bukan hanya itu, berbagai macam kendala juga sering terjadi yang dapat mempengaruhi absensi karyawan misalnya, sakit, kecelakaan, atau bencana seperti banjir. Hal itu membuat perusahaan semakin sulit untuk mengontrol absensi karyawan.

Minimnya kontrol karyawan lapangan terutama dalam hal absensi dapat mempengaruhi kinerja. Karyawan akan merasa minim pengawasan dan bekerja dengan rasa tanggung jawab yang rendah. Hal tersebut akan mempengaruhi Timeline seperti lama produksi dan durasi pengiriman yang berantakan akibat kurangnya karyawan di lapangan.

Hanya mengandalkan mesin absensi konvensional juga bukan jaminan untuk mendisiplinkan karyawan lapangan. Perlu penerapan teknologi dalam pengelolaan karyawan salah satunya adalah menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis mobile.

Mama Muda Jualan Sabu, Kasih Iming-Iming Bonus yang Bikin Kaget

Aplikasi absensi karyawan memiliki banyak kelebihan. Dengan menggunakan aplikasi absensi mobile, karyawan dapat absen hanya menggunakan smartphone-nya.

Karyawan juga dapat melakukan absensi secara mobile dan live karena dilengkapi fitur GPS. Selain itu, pemilik usaha juga dapat memantau timesheet karyawan secara real-time. Hal itu berguna untuk memantau kapan karyawan absen masuk dan absen keluar.

Pemilik bisnis online juga sering kesulitan untuk melakukan shift rostering apalagi dengan karyawan lapangan yang tidak sedikit. Karyawan lapangan tidak sedikit juga yang sering over-scheduled karena pengaturan shifting yang tidak benar dan minim monitor.

Aplikasi absensi karyawan juga dapat mempermudah pemilik bisnis mengelola shift karyawan tanpa harus takut over-schedule atau double-shift. Pemilik usaha juga dapat melakukan rekap melalui aplikasi langsung. Selain itu, pengusaha yang memiliki outlet dan gudang juga dapat melakukan kontrol absen secara bersamaan hanya menggunakan satu admin dengan satu aplikasi.

Habis Menikah, Wanita Ini Baru Tahu Suaminya Ternyata Orang Dihormati dan Disegani Dunia

Salah satu aplikasi absensi yang memiliki fitur lengkap adalah Attendance by Talenta. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Mid Solusi Nusantara ini dapat diunduh melalui smartphone android secara gratis. Meski didapatkan secara gratis, Attendance by Talenta dapat diakses secara lengkap tanpa batasan fitur dan juga batasan user.

Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan, pelaku bisnis online dapat lebih memfokuskan diri pada urusan-urusan krusial lainnya seperti pemasaran, penjualan, dan juga produksi. Beralih menggunakan aplikasi absensi mobile juga membangun budaya digital pada bisnis. Karyawan juga akan lebih mandiri dan merasa memiliki value dalam bekerja.(cc)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved