Ibu Kota Baru

Soft Groundbreaking Juli, Menhub Sebut Transportasi di Ibu Kota Baru Usung Konsep Eco Green City

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, transportasi di ibu kota baru akan menjadi transportasi yang pintar, terintegrasi, dan berkelanjutan

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Dialog nasional 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Baru' digelar di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020). 

"Kita mau out of the box dan extraordinary. Bahkan hal yang sangat baru harus di-adopt ke sini. Bagaimana kendaraan di sana jadi eco green city..."

"Juli bisa dimulai soft groundbreaking dan pembangunan fisiknya..."

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, transportasi di ibu kota baru akan menjadi transportasi yang pintar, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Bahkan tranportasi di ibu kota baru nanti akan menjadi contoh baik dalam maupun luar negeri.

Hal ini ia paparkan dalam acara dialog nasional 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Baru' di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Berkonsep Forest City, Ketua Bappenas: 50 Persen Kawasan Ibu Kota Baru Ruang Terbuka Hijau

Ini Gagasan Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan, Ada Monumen Pancasila di Pusat Kawasan IKN

HEBOH di Medsos Muncul Kerajaan Mulawarman di Lokasi Calon Ibu Kota Baru, Begini Faktanya

Visualisasi penjabaran dari pendekatan visi ketiga desain ibu kota negara (IKN) baru, yaitu moda transportasi publik yang terintegrasi. Di pusat kawasan IKN ada Monumen Pancasila.
Visualisasi penjabaran dari pendekatan visi ketiga desain ibu kota negara (IKN) baru, yaitu moda transportasi publik yang terintegrasi. Di pusat kawasan IKN ada Monumen Pancasila. (Kementerian PUPR)

"Pemindahan ibu kota adalah bentuk gerbang menuju masa depan, oleh karenanya suatu kegiatan besar harus dimulai dengan perencanaan yang matang. Lalu bisa jadi contoh baik di dalam maupun luar negeri," kata Menhub Budi Karya, Rabu (26/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Budi Karya menyampaikan jika pihaknya akan membuat sesuatu transportasi yang baru di Ibu Kota Baru yakni mengusung eco green city.

"Kita mau out of the box dan extraordinary. Bahkan hal yang sangat baru harus di-adopt ke sini. Bagaimana kendaraan di sana jadi eco green city," katanya.

Ruang terbuka hijau ibu kota negara (IKN) yang bisa diakses semua kalangan. Ini gagasan desain IKN baru dari Kementerian PUPR.
Ruang terbuka hijau ibu kota negara (IKN) yang bisa diakses semua kalangan. Ini gagasan desain IKN baru dari Kementerian PUPR. (Kementerian PUPR)

Soft groundbreaking Juli 2020

Sementara itu dalam diskusi nasional ini, Sekretaris Sekretariat Ibu Kota Negara Bappenas Hayu Prasasti menyatakan jika soft groundbreaking pembangunan ibu kota baru RI akan dilakukan paling lambat pada bulan Juli tahun 2020 ini.

"Juli bisa dimulai soft groundbreaking dan pembangunan fisiknya," katanya.

Menurut Hayu, target soft groundbreaking ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang meminta pembangunan ibu kota baru segera dimulai tahun ini.

Kendati demikian, saat ini pemerintah masih terus mengebut penyusunan regulasi dan master plan ibu kota baru di Penajam Passer Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Setelah regulasi dan master plan selesai pada Juni, baru lah proses soft groundbreaking bisa dimulai," ucapnya. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved