Ibu Kota Baru

AS dan UEA Berminat Jadi Investor Ibu Kota Baru, Ada 6 Klaster Utama yang Akan Dibangun

MENKO Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan bahwa AS dan UEA berminat jadi investor ibu kota baru.

Kementerian PUPR
Ruang terbuka hijau ibu kota negara (IKN) yang bisa diakses semua kalangan. Ini gagasan desain Ibu Kota Negara (IKN) baru dari Kementerian PUPR. 

Ada enam klaster utama yang ingin dibangun di ibu kota baru, yaitu Gedung Pemerintahan, Entertainment, Edukasi, Research and development, Kesehatan, dan Pusat finansial.

MENKO Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan United Emirate Arab (UEA) berminat jadi investor ibu kota baru.

Hal itu disampaikan Luhut usai menghadiri diskusi nasional 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Baru' di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Soft Groundbreaking Juli, Menhub Sebut Transportasi di Ibu Kota Baru Usung Konsep Eco Green City

Menhub: Transportasi Ibu Kota Baru Pakai Kendaraan Listrik 20 KM ditempuh 30 Menit

Selain Hydropower, Demi Kebutuhan Kendaraan Listrik Ibu Kota Baru Akan Bangun Pabrik Baterai Lithium

"Sebenarnya sudah banyak investor luar negeri yang ingin masuk, dari Amerika ingin masuk, Jepang masuk, Abu Dhabi UEA masuk, Singapura, banyak sekali," kata Luhut di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Menurut dia, pemerintah memberikan standar tinggi bagi investor yang mau menggarap proyek ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Investor diminta untuk mengendapkan konsep yang mendukung lingkungan.

Saat ini setidaknya sudah ada 30 investor baik dalam dan luar negeri yang menyatakan minat untuk mengarap proyek ibu kota baru di Kalimantan itu.

"Sudah hampir 30 perusahaan besar yang ingin berpartisipasi, jadi banyak partner yang tertarik untuk bangun ibu kota baru," katanya.

MENKO Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan memberikan keterangan kepada awak media, seusai menghadiri diskusi nasional 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Baru' di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020).
MENKO Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan memberikan keterangan kepada awak media, seusai menghadiri diskusi nasional 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Baru' di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020). (Wartakotalive.com/Joko Supriyanto)

Enam klaster utama 

Luhut juga mengatakan, nantinya ada enam klaster utama yang ingin dibangun oleh pemerintah, yaitu:

1. Gedung pemerintahan

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved