Berita Video

VIDEO: Petugas Satpol PP dan TNI Gunakan Truk Angkut Warga Melintas di Green Garden

Satpol PP Jakarta Barat pun turun tangan sejak pagi hari dan mengerahkan 50 personil, yang dibekali dengan empat truk,

VIDEO: Petugas Satpol PP dan TNI Gunakan Truk Angkut Warga Melintas di Green Garden
Warta Kota/Rafsanzani Simanjorang
Petugas Satpol PP mengangkut warga dengan truk. 

Banjir yang menggenangi jalan Panjang Kedoya, Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat, tepatnya di depan MNC Tower dan Halte Green Garden, membuat akses arah jalan Daan Mogot menuju Kebun Jeruk lumpuh total.

Dari pantauan Warta Kota di lapangan ,tinggi banjir khususnya di depan halte dan MNC Tower mencapai paha orang dewasa.

Hal tersebut membuat masyarakat khususnya pengendara motor tidak berani melintas.

Satpol PP Jakarta Barat pun turun tangan sejak pagi hari dan mengerahkan 50 personil, yang dibekali dengan empat truk, sebuah mobil rescue dan dua buah perahu karet untuk membantu evakuasi warga, baik yang hendak melintas dari duta buah menuju persimpangan Kedoya arah Kebun Jeruk atau pun yang ingin dievakuasi dari komplek perumahan Green Garden.

Martua Manik selaku pengendali Satpol PP tingkat Walikota Jakarta Barat mengatakan bahwa timnya akan selalu siaga di lokasi hingga banjir surut dan bisa dilalui oleh masyarakat serta sigap membantu warga yang ingin dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Satu perahu karet ada empat hingga lima orang personil yang siap membantu mengevakuasi warga yang ingin mengungsi. Personil yang lain mengevakuasi warga yang hendak melintas dari duta buah (samping jalan Green Garden pintu utara), melewati halte Green Garden hingga kesini, (lampu merah Kedoya Raya) menggunakan truk. Ada juga personil yang jaga di posko," ujar Martua kepada Warta Kota, Selasa, (25/2/2020).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan posko evakuasi di samping duta buah, seperti posko kesehatan. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kondisi pengungsi di lokasi tidak banyak.

"Banjir yang di dalam perumahan belum separah tahun baru kemarin, bahkan masih ada mobil pribadi yang melintas masuk seperti Pajero dan mobol lainnya. Walaupun demikian kami akan tetap tawarkan kepada warga kalau mereka ingin dievakuasi," pungkasnya.

Selain Satpol PP, sekira pukul 13:00 WIB, tampak tiba pula salah satu truck milik TNI yang juga ikut membantu evakuasi warga.

Moerdoko, salah satu anggota Kodim Jakarta Barat mengatakan bahwa pihaknya menyediakan satu unit truck di Jalan Panjang karena mendapatkan kabar bahwa kondisi banjir mulai meninggi.

"Tentunya truck ini akan sangat membantu warga yang ingin menyeberang. Kalau hanya truck berukuran kecil kan kasihan kalau dipaksa menerobos banjir," ujar Moerdoko.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan berada di lokasi hingga jam kerja usai, dimana truck mereka akan dapat memuat banyak warga yang hendak menyeberang.

"Kami akan lihat kondisinya nanti. Biasanya sampai jam kerja selesai," tutupnya. (m21)

Penulis: Rafzanjani Simanjorang
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved