Breaking News:

Berita Jakarta

Warga RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa Dirikan Bank Sampah

Warga RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu inisiatif mendirikan bank sampah baru.

dok. Kelurahan Pulau Kelapa
Pembangunan bank sampah baru di RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

KEPULAUAN SERIBU, WARTAKOTALIVE.COM - Warga RW 01 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu inisiatif mendirikan bank sampah baru.

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali mengatakan bank sampah itu didirikan di samping gedung SDN Pulau Kelapa 02 Pagi dengan luas sekitar 5x5 meter persegi.

“Pembangunan bank sampah tersebut inisiasi warga RW 01 Pulau Kelapa dengan cara bergotong royong atau swadaya masyarakat,” kata Madi, Senin (24/2).

Menurut Madi, sebenarnya bank sampah tersebut sudah dibentuk sejak lama.

Hanya saja bangunan untuk warga memilah sampah belum ada.

“Nah hari ini diperkirakan selesai," ujar Madi.

Motivasi dari para pengurus RW 01 Pulau Kelapa yakni bagaimana sinergitas semua pihak dengan harapan sampah di wilayah tersebut berkurang.

"Dengan adanya bangunan ini diharapkan sampah di wilayah ini makin berkurang dan lebih menjadi nilai ekonomi," ungkap Madi.

Ketua RW 01 Pulau Kelapa Herlina menambahkan pihaknya akan menyiapkan pengelolaan kompos dan pengumpulan sampah anorganik untuk mendorong ibu-ibu lebih produktif.

Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga agar segera membuat pengurus bank sampah dengan target minimal memiliki 50 nasabah.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah bisa beroperasi," kata Herlina. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved