Bikin KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran dan Lainnya di Kota Tangsel Seperti Tarik Uang di Mesin ATM

“Setelah data terverifikasi dan tervalidasi, maka pencetakannya dilakukan melalui mesin tersebut,” ungkapnya.

Bikin KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran dan Lainnya di Kota Tangsel Seperti Tarik Uang di Mesin ATM
Istimewa
WALI KOTA Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memperhatikan penggunaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pertama di Indonesia saat meresmikan alat tersebut di Teras Kota, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Minggu (23/2/2020). 

Masyarakat Kota Tangerang Selatan kini tidak harus lagi mengurus administrasi kependudukan seperti KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, dan lainnya, ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kini, untuk memberikan pelayanan lebih cepat buat masyarakat, Disdukcapil Kota Tangsel menyediakan sebuah gerai pelayanan yang diberi nama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Teras Kota, Serpong, Tangsel, Minggu (23/2/2020).

“Dengan hadirnya ADM di Mal, maka masyarakat mendapat pelayanan lebih baik lagi. Ini menambah kedekatan jarak pelayanan kita kepada masyarakat dan menjadi alternatif pilihan, karena saya tahu 50 persen masyarakat Tangsel bekerja di Jakarta,” ujar Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat meresmikan ADM pertama di Indonesia.

“ADM yang menyerupai mesin pengambilan uang ATM ini diperuntukkan bagi tujuh jenis pelayanan administrasi kependudukan warga Kota Tangsel,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan.

Nantinya, setiap warga Tangsel yang hendak mengurus pembuatan 7 dokumen administrasi kependudukan (adminduk) itu bisa mendatangi Mal Teras Kota untuk melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan.

“Setelah data terverifikasi dan tervalidasi, maka pencetakannya dilakukan melalui mesin tersebut,” ungkapnya.

Layanan Kependudukan ADM di Mal Teras Kota, Tangsel :
- Melayani 7 jenis pelayanan administrasi kependudukan yakni KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan, dan Perceraian
- Untuk penerbitan KTP dengan ADM dibatasi 100 lembar dan penertbitan KIA sebanyak 50 lembar.
- Buka Sabtu sampai Rabu dari jam 10.00 - pukul 18.00 WIB.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved