Ringannya Sanksi Membuat Anggota DPRD Kota Depok Doyan Bolos, Ketua BKD Ingatkan Disiplin Individu

Anggota DPRD Kota Depok sering bolos hadiri rapat paripurna. Ketua BKD DPRD Depok keluhkan sikap individu wakil rakyat.

Ringannya Sanksi Membuat Anggota DPRD Kota Depok Doyan Bolos, Ketua BKD Ingatkan Disiplin Individu
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
DPRD Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah unsur pimpinan DPRD Depok periode 2019-2024 di Ruang Paripurna, Gedung DPRD, Kota Kembang, Grand Depok City, Jumat (27/9/2019). 

Entah sudah berapa kali media mengulik soal banyaknya para anggota wakil rakyat, termasuk anggota DPRD Depok bolos saat rapat paripurna.

Meski demikian, selalu saja didapati banyaknya kursi anggota dewan yang kosong saat rapat paripurna.

Dalam Rapat Paripurna yang menggagendakan penyampaian laporan hasil reses Anggota DPRD Kota Depok masa sidang Pertama Tahun Sidang 2020, sebanyak 22 Anggota DPRD membolos.

Dengan demikian hanya 28 dari 50 anggota DPRD Kota Depok yang hadir.

Meski jumlah yang hadir memenuhi kuorum,  mengumpulkan seluruh Anggota DPRD Kota Depok dalam rapat paripurna sepertinya hal yang tak mungkin bisa dilakukan.

Setiap kali rapat paripurna, selalu ada saja anggota dewan yang tak hadir dengan beragam alasan, mulai dari sakit, ijin, hingga adanya acara partai.

"Yang enggak hadir hari ini alasannya ada yang sakit, ijin, seperti tadi dari PKS banyak yang enggak hadir karena memang lagi ada Bimtek (bimbingan teknis) dari partainya," papar Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Kota Depok, Rezky M Noor, kepada wartawan seusai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Depok, Grand Depok City, Cilodong, Jumat (21/2/2020).

Molor Dua Jam, Rapat Paripurna DPRD Kota Depok Baru Dimulai Pukul 3 Sore Dihadiri Hanya 8 Anggota

Dalam tata tertib mengenai kehadiran para anggota dewan dalam rapat paripurna, jika bolos enam kali berturut-turut maka akan dikenakan sanksi.

Akan tetapi, peraturan tersebut seolah tak membuat para anggota dewan tunduk dan seolah mengakalinya dengan terpaksa hadir pada saat batas absensi bolosnya hampir habis.

BKD pun seakan tak dapat berbuat banyak dengan ulah para anggota dewan yang doyan membolos ini.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved