Piala Gubernur Jatim

Kerusuhan Suporter Persebaya vs Arema FC di Blitar Cumat Jadi Catatan PSSI

Kerusuhan menjelang pertandingan Perbaya vs Arema FC di Blitar hanya menjadi catatan PSSI terkait keselamatan suporter yang ada di Indonesia.

Kerusuhan Suporter Persebaya vs Arema FC di Blitar Cumat Jadi Catatan PSSI
foto: istimewa
Sejumlah motor dibakar saat terjadi bentrokan antara kelompok suporter di Jalan Kapuas, Kota Blitar, Selasa (18/2/2020). 

Kerusuhan menjelang pertandingan Perbaya vs Arema FC di Blitar hanya menjadi catatan PSSI terkait keselamatan suporter yang ada di Indonesia.

PSSI akan langsung melakukan evaluasi terhadap keselamatan suporter yang ada di Indonesia.

Adanya kejadian kerusuhan suporter sepak bola di Blitar, Jawa Timur, beberapa waktu lalu menjadi catatan khusus PSSI.

Seperti diketahui, kejadian kerusuhan seuporter terjadi di ajang turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 dan memeprtemukan Persebaya Surabaya menghadapi Arema FC.

Penampakan Kendaraan Dibakar dalam Kerusuhan Suporter Persebaya dan Arema, Ditunggu Laporan Detail

Meski bukan terjadi di pertandingan Liga 1, PSSI fokus melakukan evaluasi terhadap aturan dan keselamatan suporter di Indonesia.

"Ini akan kita bahas nanti (keselamatan suporter). Berkaitan dengan kejadian kemarin di Blitar, itu menjadi catatan buat kami," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Hotel Atlet century, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu turut menyayangkan tindakan kerusuhan yang dilakukan para suporter tersebut.

Kelompok Suporter Rusuh di Kota Blitar, 4 Motor Dibakar dan 1 Orang Luka. Kerusuhan jelang laga semifinal Piala Gubernur Jatim antara Persebaya vs Arema
Kelompok Suporter Rusuh di Kota Blitar, 4 Motor Dibakar dan 1 Orang Luka. Kerusuhan jelang laga semifinal Piala Gubernur Jatim antara Persebaya vs Arema (SURYA.co.id/SAMSUl HADI)

Nantinya, PSSI berencana mengkaji kembali beberapa aturan dan larangan terhadap suporter di Liga 1 2020.

"Padahal kami sedang gencar-gencarnya dengan kepala divisi pembinaan suporter. Ada peristiwa ini sehingga kita harus lakukan evaluasi. Apakah memang masuk saja penonton ke stadion untuk bisa terakomodir," terangnya.

Menpora Tak Ingin Kerusuhan Antarsuporter Coreng Citra Sepakbola Indonesia Jelang Piala Dunia U-20

Lebih lanjut, Iwan Bule berharap kedepannya sepak bola Indonesia bisa lebih tertib dan suporter tidak terlibat kerusuhan.

"Ini sedang kita rumuskan sehingga nanti kita bahas. Ini pertama kali dalam sejarah sepak bola Indonesia rapat ini ada. Mudah-mudahan awal baik sepak bola indonesia," tutur mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved