Hasil Survei Sebut Sampoerna Retail Community Bantu Dongkrak Omzet Toko Kelontong hingga 54 Persen

Survei yang dilakukan di Medan, Palembang, Tangerang, Bogor, Bandung Yogyakarta, Surabaya dan Makasar selama dua bulan terhadap 452 pemilik toko binaa

Hasil Survei Sebut Sampoerna Retail Community Bantu Dongkrak Omzet Toko Kelontong hingga 54 Persen
istimewa
Jelang 12 Tahun, SRC Paparkan Hasil Survei Dampak Ekonomi dan Sosial 

Program Sampoerna Retail Community ( SRC) yang merupakan binaan PT HM Sampoerna Tbk segera genap berusia 12 tahun.

Kini para pemilik toko kelontong yang menjadi binaan SRC mampu meningkatkan omzet penjualan sampai dengan 54 persen.

Hal ini tertuang dalam hasil survei tim riset Kompas.com yang dipaparkan di Jakarta Selatan.

Survei yang dilakukan di Medan, Palembang, Tangerang, Bogor, Bandung Yogyakarta, Surabaya dan Makasar selama dua bulan terhadap 452 pemilik toko binaan menunjukkan dampak positif terhadap toko kelontong.

"Mereka mengaku setelah mengikuti program pendampingan dari sampoerna ini, omzet mereka mendekati 60 persen. Jadi 54 persen omzetnya meningkat, dari yang satu Rp 1 juta, meningkat jadi Rp 1,5 atau Rp 1,6 juta. Alhamdulillah sekali buat kami, ini jadi bukti nyata," kata Kepala Urusan Komersil dan Pengembangan Bisnis Sampoerna, Henny Susanto di Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

Sementara untuk transaksi penjualan toko kelontong mengalami kenaikan Rp 58 persen. Bahkan tercatat, 84 persen pemilik toko SRC mendapat penghasilan utamanya dari SRC.

"Yang kemarin kami selalu bilang, 'Pak, Bu, bersih-bersih tokonya nanti pelanggannya meningkat itu bertambah jadi lebih banyak. Kan kalau omzet meningkat, keuntungan juga meningkat dong ya," jelas Henny.

Henny mengatakan survei ini juga menjelaskan, kontribusi toko kelontong SRC dalam PDB (produk domestik bruto) ritel nasional sebesar Rp 69,3 triliun per tahun.

Sementara itu fakta lainnya adalah wanita tercatat 57 persen merupakan pemilik atau pengelola toko kelontong SRC, dimana 52 persen di antaranya adalah tulang punggung keluarga.

"Yang juga satu kabar bagus buat kami adalah ternyata secara tidak langsung program kami ini ikut membantu pemerintah yaitu pemberdayaan wanita," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved