Larangan Kantong Plastik

Yakin Larangan Penggunaan Kantong Kresek di Jakarta Bakal Efektif?

Anies Baswedan keluarkan larangan penggunaan kantong plastik. Larangan ini akan mulai diberlakukan Juni 2020 mendatang.

Yakin Larangan Penggunaan Kantong Kresek di Jakarta Bakal Efektif?
warta kota
Pemkot Jakarta Selatan melakukan sosialisasi kepada pedagang dan pembeli di Pasar Tebet Barat dan Pasar Tebet Timur. Dua pasar itu disebut sebagai percontohan gerakan pengurangan kantong kresek atau kantong plastik sekali pakai. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik. Larangan ini akan mulai diberlakukan pada bulan Juni 2020 mendatang.

Larangan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 142 tahun 2019, tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan pada pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.

Pergub ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik sekali pakai yang menjadi masalah cukup serius di Indonesia.

Sosialisasi sudah mulai dilakukan. Di lingkungan kerja Pemkot Jakarta Selatan, misalnya. Sudah keluar imbauan untuk tak menggunakan kantong plastik.

Alasan Anies Baswedan Menerbitkan Pergub Larangan Pemakaian Kantong Plastik

Singapore Tourism Board Pastikan Lokasi Wisata Tetap Buka dan Bebas Virus Corona

Dinilai Efektif, Seluruh Pasar di Jakarta Bebas Kantong Plastik Kresek Mulai Juli 2020

Sejumlah agenda sosialisasi juga mulai menyasar masyarakat.

Lurah Tebet Timur, Siti Fauzia Ghazali mengungkapkan, tantangan utama dalam menjalankan aturan tersebut adalah soal merubah mindset masyarakat.

"Merubah pola pikir itu memang sulit. Oleh sebab itu harus terus dikampanyekan. Bisa dimulai dari diri kita sendiri kemudian lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja," ujar Siti Fauzia, Selasa (18/2/2020).

Siti Fauzia mengungkapkan, pihaknya sudah mulai melakukan roadshow dari kampung ke kampung, hingga ke pasar tradisional demi mesukseskan larangan tersebut.

"Tentunya dengan menggandeng organisasi kemasyarakatan yang ada di Kelurahan Tebet Timur. Kemudian kita mau roadshow ke pasar. Buat ibu-ibu yang bawa kantong plastik kita tukar dengan kantong belanja ramah lingkungan," jelasnya.

"Rencana pengadaan kantong belanja ramah lingkungan nanti kami akan kerjasama dengan perusahaan, melalui program CSR mereka," imbuhnya.

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Feryanto Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved