Transportasi Jakarta

Anies Baswedan: MRT Fase 2 Lebih Terhubung dengan Transjakarta Dibanding MRT Fase 1

Anies Baswedan mengungkapkan pembangunan jalur MRT Fase 2-A ruas Bundaran Hotel Indonesia-Kota, Jakarta Barat bakal terintegrasi dengan Transjakarta.

Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Gubernur DKI Anies Baswedan saat penandatanganan paket kontrak antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV) untuk Fase 2 MRT CP 201, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Senin (17/2/2020) pagi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan pembangunan jalur Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2-A ruas Bundaran Hotel Indonesia-Kota, Jakarta Barat bakal terintegrasi dengan angkutan umum Transjakarta.

Berbeda dengan Fase 1 MRT ruas Lebak Bulus- Bundaran Hotel Indonesia (HI), pemerintah perlu membangun jembatan layang penghubung.

Jembatan itu dibangun di antara Stasiun ASEAN-Halte CSW di koridor 13 Transjakarta.

Keberadaan jembatan layang tersebut untuk mempermudah penumpang yang ingin beralih dari MRT menuju Transjakarta atau sebaliknya.

“Sekarang yang Fase 2 semuanya sudah dirancang untuk terintegrasi, dan ini akan dilakukan untuk seluruh pembangunan transportasi umum, MRT maupun BRT, maupun LRT sebagai satu kesatuan,” kata Anies di stasiun MRT Bundaran HI pada Senin (17/2/2020).

 Ridwan Kamil: Saya Sudah Perintahkan Dinas Pendidikan Pecat Guru Pukul Siswa

 Usai Viral Gendong Pria Terserang Jantung Bripka Sigit Dipanggil Kapolres, Ada Apa?

 Dalam Sidang, Rey Utami Sebut Barbie Kumalasari Suruh Galih Bicara Soal Ikan Asin

 Mahfud MD Beberkan Alasannya Tidak Setuju Pemulangan 660 WNI Bekas Anggota ISIS

Pada fase dua, angkutan Transjakarta dengan MRT akan saling terhubung. Sebab di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk yang akan dibangun jalur MRT, telah terdapat jalur Transjakarta di bagian atasnya.

Dalam kesempatan itu Anies merasa bersyukur dengan pola pergerakan penumpang angkutan umum saat ini.

Kata dia, lonjakannya sangat mengejutkan dari tahun ke tahun.

DDiamencontohkan, angkutan Transjakarta yang awalnya hanya sekitar 384.000 per hari pada 2017, kini pada Februari 2020 sudah menembus 1 juta penumpang per hari.

 Saat Ayahnya Dimakamkan Dua Bocah Kakak Beradik Diduga Diculik Pengurus SMK, Dilaporkan Polisi

“Dalam tiga tahun mengalami lompatan penumpang hingga tiga kali lipat dan ini menggambarkan bahwa yang pindah adalah masyarakat yang meninggalkan kendaraan pribadi,” ujarnya.

“Ini semua bagian dari membangun transportasi massal umum di Jakarta yang terintegrasi. Harapannya project ini berjalan sesuai jadwall dan rekayasa lalu lintas, implikasi selama proyek bisa dikendalikan sebaik mungkin,” tambahnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved