Berita Video

VIDEO: Komisioner KPAI Minta Guru Pemukul Siswa SMA Negeri di Bekasi Diberi Hukuman

"Karena ini bukan kali pertama kan, walaupun tidak sering, tapi yang bersangkutan bukan yang pertama melakukan misalnya, pendisplinan dengan kekerasan

VIDEO: Komisioner KPAI Minta Guru Pemukul Siswa SMA Negeri di Bekasi Diberi Hukuman
Wartakotalive/Rangga Baskoro
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti 

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendatangi lokasi guru pukuli siswa di SMA Negeri 12, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (14/2/2020).

Mereka datang bersama Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi bertemu pihak sekolah menanyakan perihal kasus kekerasan oknum guru terhadap siswa.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan pihaknya meminta penjelasan hingga kronologis terjadi aksi pemukulan oleh oknum guru tersebut.

"Kami meminta penjelasan, kronologis, dan lainnya. Tadi disampaikan dan juga menanyakan guru pelaku, apakah guru pelaku sudah lama melakukan pendisplinan-pendisplinan dengan cara kekerasan," kata Retno saat ditemui di SMA Negeri 12, pada Jumat (14/2/2020).

Dari hasil keterangan itu, sambung Retno, oknum guru itu tak hanya sekali melakukan tindakan kekerasan tersebut. Bahkan, oknum guru itu dikenal memiliki sifat tempramental.

"Karena ini bukan kali pertama kan, walaupun tidak sering, tapi yang bersangkutan bukan yang pertama melakukan misalnya, pendisplinan dengan kekerasan kepada anak," terang dia.

KPAI akan merekomendasikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk memberikan hukuman.

"Jadi kami memang perlu bertemu dengan Pemprov Jabar untuk penyelesaian ini, salah satunya adalah untuk kebaikan anak. Andaikan proses hukum berjalan, kami hormati, kepolisian silahkan," ujar Retno.

"Tapi kalau kemudian ada sanksi secara administrasi karena dia ASN, maka sebaiknya dia tidak ditempatkan lagi di sekolah berhubungan dengan anak," kata Retno lagi.

Retno menjelaskan tidak menempatkan oknum guru itu di tempat yang berhubungan dengan anak agar tidak ada lagi terjadi tindak kekerasan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved