Breaking News:

Transportasi

Penguna KRL Harus Cermat Pilih Jadwal, Imbas Pengantian Wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota

IMBAS revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, membuat 45 perjalanan KRL mengalami rekayasa pola operasi.

Dok. PT Kereta Commuter Indonesia
Sebanyak 45 perjalanan KRL yang mengalami rekayasa pola operasi akibat pemasangan wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota, Rabu (12/2/2020). 

"Perlu diperhatikan bahwa tidak semua KRL akan berakhir di Manggarai. Dari total 281 perjalanan KRL dari Bogor dan Bekasi hanya 45 perjalanan yang dilakukan rekayasa pola operasi..."

IMBAS revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, membuat 45 perjalanan KRL mengalami rekayasa pola operasi.

Dari 281 perjalanan hanya 45 KRL Commuter Line relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota yang hanya sampai di Stasiun Manggarai per tanggal 13-23 Februari 2020.

Kendati demikian masih banyak beberapa penguna kereta api yang bingung akan pola operasi ini, sehingga perlu mencermati jadwal keberangkatan kereta api.

Banyak Perjalanan KRL Berubah, Berikut Alasan PT KAI Ganti Wesel di Stasiun Gambir-Jakarta Kota

VIDEO: Jadwal Perjalanan KRL Berubah Karena Penggantian Wesel di Gambir dan Jakarta Kota

Meski 45 KRL Terdampak Masih Ada 236 Perjalanan Menuju dan dari Jakarta Kota

Salah satunya keberangkatan kereta api Bekasi-Jakarta Kota pada pukul 05.52 WIB menjadi hanya Bekasi Manggarai selama 11 hari ke depan, untuk itu perlu mengubah jadwal keberangkat di jam tersebut.

Pantauan Wartakotalive.com saat jam pulang kerja jalur 1 dan 2 yang biasanya dilintasi kereta arah Jakarta Kota cenderung lebih sepi dibandingkan pada biasanya, kepadatan justru terjadi di jalur 5 Jakarta-Bogor.

Selain itu tidak terlihat banyak penumpukan penguna kereta yang akan melakukan perjalanannya, meski beberapa di antaranya nampak duduk di samping peron ketika suara petugas memberikan informasi mengenai kereta yang akan tiba.

Meminimalisir gangguan

Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta mengatakan jika penggantian wesel sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang mengutamakan keselamatan, serta meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan Kereta Api (KA).

Wesel pada jalur rel kereta api merupakan salah satu elemen prasarana penting bagi perjalanan kereta api (Perka), yang berfungsi untuk memindahkan jalur kereta api.

Nantinya, terdapat dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved