Breaking News:

Berita Jakarta

Untuk Kurangi Luapan Kali Sunter, Warga Cipinang Melayu Usulkan Pembuatan Waduk saat Musrenbang

"Ya usulan itulah yang paling kencang disampaikan warga agar rumahnya tak lagi tergenang. Agar mengurangi debit air yang meluap dari Kali Sunter."

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Fred Mahatma TIS
Warta Kota/Rangga Baskoro
ILUSTRASI Warga menyaksikan Festival Waduk Setu, Jakarta Timur sebagai bentuk perayaan HUT Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019). 

"Kita akan dorong usulan warga untuk pembuatan waduk di RW 07. Mudah-mudahan waduk ini dapat menyelesaikan masalah banjir yang selama ini menjadi keresahan bagi warga."

WARGA Cipinang Melayu mengusulkan agar Pemprov DKI membuat waduk di sekitar lingkungannya.

Hal itu untuk mengurangi luapan Kali Sunter yang selama ini kerap menenggelamkan pemukiman mereka ketika wilayah Bogor diguyur hujan.

Demikian salah satu usulan yang muncul dalam cara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Jadi Penutup Musrenbang, Kecamatan Tambun Selatan Komitmen Kurangi Sampah Plastik

Kerap Banjir saat Hujan, Warga Ciracas Ajukan Pembuatan Saluran Air saat Musrenbang

Musrenbang Kelurahan Kalibaru Bahas 131 Usulan Warga Senilai Rp 25.7 Miliar

"Ya usulan itulah yang paling kencang disampaikan warga agar rumahnya tak lagi tergenang. Agar mengurangi debit air yang meluap dari Kali Sunter," kata Lurah Cipinang Melayu Agus Sulaeman saat ditemui di Kantor Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Rabu (12/2/2020).

Agus berpendapat usulan tersebut sangat memungkinkan untuk terealisasi lantaran di sekitar wilayah RW 07, terdapat lahan milik Pemprov DKI seluas 1 hektar.

Warga sangat menaruh harapan penuh agar usulan tersebut ditindaklanjuti secara serius hingga lolos Musrenbang tingkat provinsi.

Hal itu dikarenakan warga Cipinang Melayu menjadi langganan banjir di setiap tahun kala kiriman air dari Sungai Cikeas tiba di pemukiman warga.

"Kita akan dorong usulan warga untuk pembuatan waduk di RW 07. Mudah-mudahan waduk ini dapat menyelesaikan masalah banjir yang selama ini menjadi keresahan bagi warga," tuturnya.

Jangan ditunda-tunda

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan Musrenbang di Kelurahan Cipinang Melayu menghasilkan 124 usulan dengan total anggaran Rp 42 miliar.

Sebanyak 100 usulan yang disampaikan, ditujukan untuk usulan fisik seperti perbaikan saluran lantaran warga mengeluh saat hujan deras terjadi yang menyebabkan genangan dan banjir.

"Permintaan warga harus direalisasikan, kalau tahun ini bisa dilakukan pengerukan ya dilakukan jangan ditunda-tunda," kata Anwar. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved