Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Gelar Razia Gabungan, Samsat Cinere Sasar 120.000 Kendaraan Penunggak Pajak 

Kali ini, razia diadakan dengan bekerjasama Satlantas Polres Metro Depok, Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang berlangsung d

Warta Kota
Gelar Razia Gabungan, Samsat Cinere Sasar 120.000 Kendaraan Penunggak Pajak  

Bertujuan menjaring para pemilik kendaraan yang tak taat administrasi, Samsat Cinere Depok menggelar razia gabungan.

Kali ini, razia diadakan dengan bekerjasama Satlantas Polres Metro Depok, Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang berlangsung di Jalan Raya Mukhtar, Sawangan, RM Tirtarasa, Depok, Rabu (12/2/2020).

Kepala Seksi Pendataan dan Penempatan Samsat Cinere, Rina Parlina mengatakan giat Razia gabungan tersebut ditujukan untuk menekan angka penunggak pajak kendaraan di Kota Depok.

"Pengendara terjaring belum bayar pajak langsung di sidak di tempat. Jadi pada saat dia nggak bayar, disarankan bayar ditempat, kita siapkan sampling, asalkan sesuai KTP sama STNK," ujar Rina kepada wartawan di lokasi razia, Rabu (12/2/2020).

Bagi pengendara yang tak sanggup membayar, Rina mengatakan pihaknya memberikan keringanan berupa kesempatan untuk membayarkan pajak di hari lain.

"Kalau tidak sanggup bayar diberikan surat pernyataan pembayaran yang terdaftar di Samsat Cinere," paparnya.

Rina menjelaskan, selama giat berlangsung, pihaknya akan fokus memeriksa kelengkapan surat kenderaan hingga KIR, sehingga sasarannya pun tak hanya mobil pribadi namun juga angkutan umum.

Hingga saat ini, Rina mengatakan jumlah pemilik kendaraan yang menunggak pajak di wilayahnya masih tergolong tinggi yakni sebanyak 38 persen.

"Datanya yang ada di Samsat Cinere itu 38 persen dari 401.000 kenderaan. Yang menunggak itu kira-kira 120.000 kenderaan," katanya.

Dengan diadakannya razia gabungan ini, Rina berharap akan menekan jumlah penunggak pajak.

"Kita targetkan angka penunggak pajak turun dibawah 30 persen," tuturnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polres Metro Depok, Iptu Fitri mengatakan dalam Operasi Gabungan tersebut, terjaring 106 pengendara yang tidak memiliki SIM (tidak aktif) dan 76 pengendara ditegur untuk bayar pajak.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari," katanya.

Razia ini, kata Rina merupakan operasi gabungan tingkat Polres pada masa triwulan pertama.

"Ini rutin dilaksanakan oleh Samsat Cinere. Kita target 600 sampai 700 lebih kenderaan yang kita periksa kelengkapannya," ujar Rina.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved