Pengelola GBK Tawarkan Lintasan Formula E

Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPK GBK) menawarkan Pemprov DKI Jakarta untuk memakai areanya sebagai lintasan balap Formula E.

Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Direktur Utama PPK GBK Winarto (tengah) saat jumpa pers soal kesiapannya lintasan balap Formula E di sana, Selasa (11/2/2020). 

Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPK GBK) menawarkan Pemprov DKI Jakarta untuk memakai areanya sebagai lintasan balap Formula E.

Bahkan wacana itu sudah disampaikan kepada Pemprov DKI Jakarta dan tim FIA maupun FEO, organisasi olahraga yang fokus pada ajang balap tersebut.

Direktur Utama PPK GBK, Winarto mengaku komunikasi telah dijalin sejak Pemprov DKI Jakarta mendapat dukungan dari pemerintah soal ajang balap itu.

Namun rencana pemilihan lokasi sempat mendapat penolakan dari Kementerian Sekretariat Negara karena berada di tempat cagar budaya, yakni di Monumen Nasional (Monas).

Akan tetapi belakangan penolakan itu dicabut sehingga DKI tetap bisa memakai Kawasan Medan Merdeka atau di sekitar Monas.

Dalam komunikasinya, pihak panitia telah menyediakan beberapa opsi sirkuit di antaranya Pantai Indah Kapuk (PIK), Taman Impian Jaya Ancil, Kawasan Kemayoran, Kawasan SCBD dan Kawasan GBK.

“Dari informasi yang kami dapatkan dari rekan-rekan yang terlibat dalam penyelenggaraan, tempat yang paling diinginkan adalah di kawasan GBK,” kata Winarto saat jumpa pers pada Selasa (11/2/2020).

Winarto mengatakan, lingkaran ring road Stadion Utama GBK dapat digunakan sebagai lintasan.

Bahkan tim dari FIA/FEO telah meninjau stadion GBK untuk menentukan lintasan balap, pit stop ataupun garasinya.

Bila stadion GBK dipilih menjadi area balap, dia memastikan tidak akan menggangu masyarakat yang beraktivitas untuk olahraga pada pagi dan sore hari.

“Karena itu concern GBK adalah bagaimana kami bisa menyelengarakan Formula E tetap bisa jalan (operasional) di GBK tanpa mengorbankan kepentingan masyarakat yang berolahraga,” ujarnya.

Rencananya kawasan dalam dan luar GBK akan dijadikan lintasan Formula E. Titiknya dari Plaza Timur menuju ring luar GBK kemudian ke Plaza Barat Senayan.

Dari situ mobil tersebut akan melaju ke Jalan Asia Afrika, kemudian masuk Pintu 1, Pintu 5 dan Pintu 7 hingga kembali ke Plaza Timur.

“Rute itu yang sempat diminta panitia, jadi belum final,” jelasnya. (faf)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved