Breaking News:

Revitalisasi Monas

Revitalisasi Monas Dilanjutkan, 339 Pelaku UMKM di Lenggang Jakarta Monas Bakal Dipindah

Ada 339 pelaku usaha di Lenggang Jakarta sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka akan dipindah menyusul revitalisasi Monas.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Fred Mahatma TIS
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama sang istri, Fery Farhati memasak 500 porsi makanan khas Betawi sayur Babanci di Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat pada Senin (12/8/2019) siang. 

Ratu Ranteallo mengklaim, sejauh ini para pedagang tak mempersoalkan dengan rencana pemindahan. Asalkan mereka tetap difasilitasi bisa berdagang di sekitar Monas.

DINAS Perindustrian Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DPPUKM) DKI Jakarta mencatat ada 339 pelaku usaha di Lenggang Jakarta sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Mereka dipastikan bakal dipindah ke sisi timur Monas atau dekat Stasiun Gambir, karena proyek revitalisasi yang dikerjakan Pemprov DKI.

“Kami sudah pernah sosialisasi, tapi tentu kami mengikuti rencana besar dari revitalisasi tersebut,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPPUKM Ratu Ranteallo saat ditemui di Balai Kota DKI, Kamis (6/2/2020).

Fahira Idris Kasi Selamat Anies, Revitalisasi Monas Yang Sempat Ditunda Akhirnya Kembali Dilanjutkan

Sempat Dihentikan Istana, Proyek Revitalisasi Monas Akhirnya Dapat Restu dan Diminta Dilanjutkan

Monas Tak Boleh Mangkrak, Revitalisasi dalam Bentuk Gambar Ditunggu Tim Pengarah untuk Dibahas Lagi

Ratu mengklaim, sejauh ini para pedagang tak mempersoalkan dengan rencana pemindahan. Asalkan mereka tetap difasilitasi bisa berdagang di sekitar Monas.

“Kalau pedagang yang penting saat relokasi dapat diakomodir agar mereka bisa tetap berusaha,” kata Ratu.

Selama ini, skema usaha pedagang di sana membayar iuran sebesar Rp 350.000 per bulan.

Tidak hanya makanan dan minuman, jenis pelaku UMKM di sana juga menjajakan kerajinan tangan, busana, cindera mata dan sebagainya.

Ratusan pedagang kuliner di Lenggang Jakarta dan parkiran IRTI di sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat bakal dibongkar.

Hal itu diungkapkan pula oleh pemenang sayembara revitalisasi Monas, Prinsipal LABO Architects Deddy Wahjudi.

Saat dihubungi, Deddy mengatakan dalam konsep yang dibuat Lenggang Jakarta akan dipindah di kawasan timur monas atau berdekatan dengan Stasiun Gambir.

Pemindahannya dianggap penting karena selama ini Stasiun Gambir seperti bagian terpisahkan dari Taman Medan Merdeka, padahal masih berada di satu kawasan yang sama.

“Jadi Stasiun Gambir kayak punya teritori sendiri saat mereka membangun (menata). Kemudian aksesibilitasnya juga tidak langsung, jadi orang dari Stasiun Gambir menuju Taman Medan Merdeka harus keluar dulu, begitu juga sebaliknya,” kata Deddy. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved