Berita Jakarta

Ditertibkan, Kolong Rel Pangeran Jayakarta Bakal Jadi RTH dan RPTRA, Tempat Interaksi Warga

"Memang rencananya ini akan dijadikan RTH, ada taman buat interaksi warga sekitar, kalau kondisinya seperti ini kan tidak nyaman terkesan kumuh..."

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Fred Mahatma TIS
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Sejumlah petugas gabungan melakukan penertiban di kawasan kolong rel Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). 

"Rencana ini mau dijadikan RTH, nanti akan dibuat juga bank sampah serta RPTRA, yang penting ini bisa digunakan sebagai ruang interaksi warga sekitar..." 

CAMAT Sawah Besar Prasetyo mengatakan jika kolong rel kereta api Pangeran Jayakarta bakal dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga dapat dijadikan tempat untuk berinteraksi warga sekitar.

Lantaran kondisinya saat ini dijadikan tempat untuk meletakkan beberapa barang bekas, pihaknya pun melakukan penertiban, sehingga lokasi itu lebih rapi.

"Jadi memang rencananya ini akan dijadikan RTH, ada taman buat interaksi warga sekitar, kalau kondisinya seperti ini kan tidak nyaman terkesan kumuh," kata Prasetyo, Kamis (6/2/2020).

Tampak Kumuh, Puluhan Petugas Tertibkan Kolong Rel Pangeran Jayakarta Sawah Besar Jakarta Pusat

Pergub Nomor 148 Belum Efektif, Satpol PP Kota dan Kecamatan Akan Diberi Wewenang Penertiban Reklame

Puluhan Kendaraan Roda Dua Kena Angkut Jaring Dishub Saat Gelar Penertiban di Jakarta Pusat

Tak hanya itu menurutnya, lahan di lokasi itu juga akan dibuatkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) selain sebagai RTH, kendati demikian pembangunan RPTRA maupun RTH belum diketahui kapan pelaksanaannya.

Agar masyarakat tak meletakkan kembali barang-barang bekas di kolong rel Pangeran Jayakarta, pihaknya juga akan membuat pagar, sehingga akses dapat termonitor oleh pihak RW setempat.

"Rencana kita akan memagari lokasi akses masuk sisi utara itu, teknisnya nanti kunci akan dipegang oleh rw stempat," katanya.

Sementara itu, Lurah Mangga Dua Selatan Agata mengatakan selain dijadikan RTH nantinya juga akan dibuatkan bank sampah di kawasan itu.

"Rencana ini mau dijadikan RTH, nanti akan dibuat juga bank sampah serta RPTRA, yang penting ini bisa digunakan sebagai ruang interaksi warga sekitar," ucapnya.

Tampak kumuh

Sebelumnya diberitakan Wartakotalive.com, puluhan petugas gabungan Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat menertibkan kawasan kolong rel Pangeran Jayakarta, Kamis (6/2/2020) pagi.

Penertiban dilakukan karena lokasi itu dijadikan tempat barang-barang bekas.

Pantauan Wartakotalive.com sejumlah personil Satpol PP, PPSU yang tiba di lokasi pun langsung melakukan penertiban. Beberapa bangku yang tidak terpakai langsung diangkut petugas.

 Pergub Nomor 148 Belum Efektif, Satpol PP Kota dan Kecamatan Akan Diberi Wewenang Penertiban Reklame

 Ini Penyebab Tidak Ada Aktivitas Penataan di Jalan Agung Perkasa 8 Setelah 2 Bulan Penertiban PKL

 Diduga Gelembungkan Jumlah Personel di Penertiban Lahan UIII, Simak Klarifikasi Satpol PP Kota Depok

Sejumlah petugas gabungan melakukan penertiban di kawasan kolong rel Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).
Sejumlah petugas gabungan melakukan penertiban di kawasan kolong rel Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). (Wartakotalive.com/Joko Supriyanto)

Tak hanya itu, ada beberapa kandang unggas pun menjadi sasaran petugas, kandang unggas yang tak terpakai ini pun langsung dimasukkan ke dalam truk milik Sudin Lingkungan Hidup.

Selain itu ada beberapa gerobak yang turut diangkut petugas, tak hanya gerobak beberapa barang-barang bekas yang ada di sana pun ditertibkan, pasalnya keberadaan barang bekas ini membuat kawasan itu terkesan kumuh.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved