Breaking News:

Susu RBM Gandeng Dewan Masjid Gagas Pemberdayaan UMKM di Tiap Masjid

PT RBM Susu Nusantara menandatangani Nota Kesepahaman bersama Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah dan Dewan Masjid Indonesia Pusat.

Warta Kota/Feryanto Hadi
PT RBM Susu Nusantara menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) dan Dewan Masjid Indonesia Pusat, Rabu (5/2/2020). 

Guna menggerakkan ekonomi umat Islam dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. PT RBM Susu Nusantara menandatangani  Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) dan Dewan Masjid Indonesia Pusat.

Direktur PT RBM Susu Nusantara, Agus A Mile mengungkapkan, MoU tersebut dilakukan PT RBM Susu Nusantara bersama PINBAS dan Dewan Masjid Indonesia Pusat untuk menggerakkan ekonomi umat Islam di Jakarta dan sekitarnya.

Rilis Single Kedua Album Indera Keenam, Padi Reborn Luncurkan Klip dan Film Pendek Menanti Keajaiban

VIDEO : Perumahan Periuk Damai, Kota Tangerang, masih terendam banjir hingga mencapai 4 meter

Dankormar : Kerahkan Segenap Kemampuan Dan Junjung Tinggi Nilai Nilai Sportifitas

"Terkait dengan MoU ini, tujuan kita adalah soal menjaga lingkungan sekaligus ingin memajukan, menggerakkan dan menyelamatkan UMKM kita," ujar Agus usai penandatanganan MoU di Aula Buya Hamka DP MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Kerjasama yang dilakukan salah satunya soal pembentukan bank sampah di masjid-masjid. "Guna menjaga kebersihan lingkungan, kita sebagai produsen susu kambing selalu menggunakan plastik. Maka kemudian kami berinisiatif menciptakan bank sampah, utamanya di masjid-masjid di Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Nantinya, sampah yang masuk di bank sampah masjid-masjid tersebut akan dibeli oleh pihak RBM sehingga dana hasil penjualan sampah bisa bermanfaat. "Di Jabodetabek kita proyeksikan akan ada 13 ribu masjid yang memiliki bank sampah. Nanti kami akan ambil sampah itu kembali dan kami beli sampah itu," ungkapnya.

Selain itu, nantinya akan dibuka potensi bagi masyarakat untuk melakukan ternak kambing etawa untuk produksi susu. "Susu kambing ini bagus untuk anak-anak TK, PAUD, ibu hamil, menyusui dan balita usia diatas 2 tahun sesuai regulasi. Bahkan susu kambing ini dirasakan baik untuk mengatasi stunting," kata Agus.

Terlibat Kasus Tawuran Hingga Mengakibatkan Korban Tewas, Seorang Pelajar SMK Buron dan Masuk DPO

Ada Banyak Kos-kosan Dekat Lokasi Penemuan Jasad Bayi Perempuan Baru Lahir

Anies Baswedan Mendatangi Setneg Kemudian Memnjelaskan Empat Kesimpulan Soal Revitalisasi Monas

Agus menambahkan, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat harus selalu diupayakan dari berbagai ikhtiar. Baik dari sektor formal maupun informal. Tujuannya, agar keberdayaan umat bisa bangkit dari sedikit demi sedikit

Termasuk dari masjid-pun bisa dibangkitkan ekonomi umat. Karena umat Islam tidak bisa dilepaskan dari rumah ibadahnya yakni masjid yang setiap hari minimal 5 kali dalam sehari didatangi," katanya.

Azrul Tanjung, Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) MUI menuturkan, Masjid juga harus bisa berperan memberdayakan umat dari sektor ekonomi, meskipun dalam skala mikro. "Tapi kalau bisa dilakukan secara berjamaah, maka dampaknya akan luar biasa," katanya.

Banjir Parah, Pemkot Tangerang Usulkan Normalisasi Sungai Cirarab

VIDEO: Komplotan Begal Motor Sadis Ditangkap di Cikarang

Iqbaal Ramadhan Batal Hadir dan Mengecewakan Dilanisme, Ini Penjelasan Lengkap Manajer Dinda Kamil

Pada kesempatan ini, pihaknya juga mengundang 100 UMKM binaan dan masjid-masjid di Jakarta untuk menggerakkan ekonomi yang paling bawah. "Nantinya mereka akan menjadi agen khusus yang akan menggerakkan masjid dan UMKM," tambahnya.

Selain itu, kata Azrul, ke depan pihaknya berharap peternak khusus yang bergerak di bidang susu (kambing etawa). Sehingga, susu itu tak lagi diambil melalui perantara lagi dan kita putus mata rantainya supaya singkat.

"Jadi UMKM binaan ini dapat berbisnis dan harga barang akan lebih murah. Yang tadinya susu mahal, jadi lebih terjangkau, karena tidak melalui perantara lagi kan," ujarnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved