Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Lahan RTH yang Akan Dibangun Tempat Kuliner di Pluit Mulai Dibenahi

Spanduk dukungan pembangunan tempat kuliner pun terpasang di pagar seng. Meski sudah lusuh, tertulis ‘Kami UKM Penjaringan Mendukung Penuh Pembangunan

Warta Kota
Lokasi yang akan dibangun tempat kuliner di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. 

Lahan yang akan dibangun jadi tempat kuliner di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara mulai dibenahi.

Pantauan di lokasi, lahan yang merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut sebagian sudah tidak lagi ditumbuhi ilalang tapi mulai diratakan tanahnya.

Lahan yang telah diratakan berada di dekat Jalan Pluit Karang Selatan. Tampak juga sebuah alat berat eskavator yang sedang tidak beroperasi di sekitar lokasi.

Spanduk dukungan pembangunan tempat kuliner pun terpasang di pagar seng. Meski sudah lusuh, tertulis ‘Kami UKM Penjaringan Mendukung Penuh Pembangunan Pluit Culinary Park’

Sementara lahan yang berada di dekat Jalan Muara Karang Raya masih ditutupi seng dan tidak ada aktivitas. Namun demikian ada spanduk dari Dinas PMPTSP DKI Jakarta.

Pada spanduk itu tertulis bahwa pembangunan di lahan tersebut akan digunakan untuk PKL, bazar, taman, parkir, plaza, area, premium dengan pemilik lahan PT Jakarta Utilitas Propertindo.

Seorang tukang parkir, Mustolih menceritakan bahwa proses pembangunan di lokasi tersebut sudah berjalan sejak dua minggu lalu.

"Di sana (lahan dekat Jalan Pluit Karang Selatan) udah diurug tanahnya. Itu udah jalan sekitar dua minggu ini lah," katanya, (4/2).

Namun Mustolih tidak tahu apakah penbangunan tersebut masih berjalan hingga saat ini. Apalagi ada kabar penolakan pembangunan dari warga sekitar lokasi.

Mustolih juga tidak tahu pembangunan seperti apa di tempat tersebut. Ia hanya mengetahui bahwa di lokasi itu Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada zaman Ahok.

“Ini emang udah lama mau dibangun, tapi mau dibangun jadi apa, kurang tahu. Setahu saya sih ini buat ruang terbuka,” ujarnya.

Satu hal yang pasti, di lokasi itu kini bebas dari banjir. Musibah banjir yang terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada awal tahun 2020 kemarin pun tidak melanda lokasi tersebut.

“Kalau sekarang sih bebas, kan udah ada pompa yang gede. Jadi udah nggak banjir lagi kayak kemarin itu,” ungkapnya.

Sebelumnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara akan dibangun tempat kuliner.

Pembangunan itu mendapat penolakan dari warga karena selain tidak sesuai peruntukan, lahan itu juga berada di bawah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT). (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved