Berita Jakarta

Tujuh Tong Sampah Pilah Hadir di Kantor Wali Kota, Instansi Lain di Jakarta Utara Menyusul

Kantor Wali Kota Jakarta Utara kini dilengkapi dengan fasilitas tong sampah pilah tujuh kategori.

Tujuh Tong Sampah Pilah Hadir di Kantor Wali Kota, Instansi Lain di Jakarta Utara Menyusul
Wartakotalive/Junianto Hamonangan
Kantor Wali Kota Jakarta Utara saat ini dilengkapi dengan fasilitas tong sampah pilah dengan tujuh kategori. 

Tujuh Tong Sampah Pilah Hadir di Kantor Wali Kota, Instansi Lain di Jakarta Utara Menyusul

Kantor Wali Kota Jakarta Utara kini dilengkapi dengan fasilitas tong sampah pilah tujuh kategori.

Selanjutnya fasilitas serupa juga akan dihadirkan di instansi lainnya di Jakarta Utara.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan kini di lingkungan Kantor Wali Kota Jakarta Utara telah dilengkapi tong sampah pilah dengan tujuh kategori.

“Untuk tahap awalnya, tong sampah tersebut ditempatkan di lobi dan lantai dua Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan selanjutnya ditambah ke setiap lantai,” ucap Sigit kepada Wartakotalive.com, Sabtu (1/2/2020).

Nina, Gadis Asal Gresik Ini Bikin Surat untuk PM Australia, Minta Ekspor Sampah Plastik Dihentikan

Kotori Pesisir Pantai Jembatan Cinta, 1 Ton Sampah Eceng Gondok Diangkut dari Pulau Tidung

Ke depan fasilitas tong sampah pilah tujuh kategori tersebut juga akan dihadirkan di kantor pemerintahan lainnya di Jakarta Utara mulai dari Kantor Kecamatan hingga Kantor Kelurahan.

“Seluruh Kantor Kecamatan dan kantor kantor lainnya di Jakarta Utara juga akan segera memiliki tempat sampah pilah yang sama,” kata Sigit.

Penggantian tong sampah lama dengan yang baru merupakan bagian dari upaya menjalankan Intruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 107 Tahun 2019 tentang pengurangan dan pemilahan sampah.

Menurut Sigit, ini merupakan upaya membangun kesadaran dan kepeloporan mengelola sampah dari sumbernya sebagai upaya menjadikan DKI Jakarta sebagai daerah yang serius menangani sampah.

"Harapannya pengelolaan sampah yang selama ini masih menjadi persoalan itu bisa dientaskan. Salah satunya dengan memulai pengelolaan dan pemilahan dari sumbernya," tambahnya.

Update, Kondisi Kali Jambe Bekasi Kini Bersih dari Tumpukan Sampah

Sigit menegaskan dibutuhkan peran serta dan kolaborasi banyak pihak untuk menjadikan DKI Jakarta sebagai daerah yang serius menangani sampah selain juga menanamkan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) ke masyarakat.

“Pemilahan pun harus langsung dilakukan di sumbernya, karena tidak semua sisa konsumsi dianggap sampah. Ini adalah tanggung jawab bersama terkait dengan kegiatan konsumsi pada masyarakat,” tuturnya.

Adapun fasilitas tong sampah pilah dengan tujuh kategori di Kantor Wali Kota Jakarta Utara terdiri dari Organik, Kertas, E-waste, B-3, Plastik, Logam dan Residu. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved