Berita Video

VIDEO: TNI AU Siagakan Tiga Pesawat Jemput 250 Orang WNI Di Wuhan China

"Di sana (Kantor Kemenlu) rapat dari pimpinan Kemenko Polhukam, Kemenlu, Kemenkes dan KBRI, dari Mabes TNI dan Mabes AU, diminta agar kami bersiaga

VIDEO: TNI AU Siagakan Tiga Pesawat Jemput 250 Orang WNI Di Wuhan China
Warta Kota
Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) AU Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (29/1/2020). 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menyiagakan pesawat guna mempersiapkan diri untuk melakukan penjemputan terhadap 250 orang warga negara Indonesia (WNI) yang terisolir di Wuhan, China, akibat wabah virus corona.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) AU Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto mengatakan persiapan tersebut berdasarkan hasik rapat koordinasi yang dilakukan di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada Senin (27/1/2020) lalu.

"Di sana (Kantor Kemenlu) rapat dari pimpinan Kemenko Polhukam, Kemenlu, Kemenkes dan KBRI, dari Mabes TNI dan Mabes AU, diminta agar kami bersiaga," ucap Fajar di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (29/1/2020).

Hal pertama yang dilakukan pihaknya yakni menyiapkan 3 buah pesawat yaitu 1 buah berjenis C130 Hercules dan 2 buah berjenis Boeing 737.

Meski begitu, hingga kini TNI AU masih menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah pusat yang saat ini masih berkoordinasi dengan pemerintah China.

"Nah dalam hal ini TNI AU sudah siap berdasarkan perintah dari Panglima TNI atau Mabes TNI. Kita stand by saja menunggu untuk mengevakuasi masyarakat yang ada di sana," ungkapnya.

Kepastian keberangkatan kru yang nantinya terdiri dari anggota TNI AU, Kemenkes dan Kemenlu juga masih terus dikoordinasikan.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved