Kolom Hendry Ch Bangun

Mengenal Sosok Ilham Bintang Melalui Buku yang Ditulis, dari Cerita Nana sampai Pertemuan dengan RS

Mengenal wartawan senior Ilham Bintang dari buku yang ditulis, dari cerita Ibu Muda sampai Rizieq Shihab.

Mengenal Sosok Ilham Bintang Melalui Buku yang Ditulis, dari Cerita Nana sampai Pertemuan dengan RS
Ilham Bintang untuk Wartakotalive.com
Buku karya wartawan senior Ilham Bintang berjudul "Surat-surat Wasiat Mendiang Nana" 

Buku terbaru  wartawan senior Ilham Bintang “Surat-surat Mendiang Nana”  membuat saya sebagai wartawan yang lebih muda merasa malu.

Di usia memasuki 65 tahun, Ilham begitu produktif sehingga bisa setiap tahun membuat buku berisi kumpulan tulisannya, hasil dari bepergian kemana-mana, atau juga hasil perenungan atas suatu topik tertentu.

Setiap kali pergi, dia menulis, sehingga buku Ilham Bintang selain berupa produk jurnalistik terkadang juga menjadi semacam catatan perjalanan pribadi. Kita akan segera bisa menghitung  berapa kota, berapa negara, yang dia kunjungi tahun ini. 

Atau dimana dia bulan lalu? Dengan siapa dia bertemu? Lengkap dengan foto-fotonya.

Dari tulisan-tulisan yang ada pembaca juga bisa menemukan privilege Ilham Bintang yang tidak semua wartawan bisa mendapatkannya karena bergitu luas pergaulannya dan begitu lama kiprahnya di dunia jurnalistik.

SIM Card Milik Ilham Bintang Dicuri Lalu Ditukar di Gerai Indosat, Rekening Tabungan Dibobol

Ini buku kesekian Ilham, diawali dari “Salam dari Meruya, Mengamati Daun-Daun Kecil Kehidupan” kumpulan catatan Ilham di media miliknya CeknRicek yang diterbitkan tahun 2007. 

Dan sejak itu tidak pernah berhenti menulis dan menulis kemudian menyortirnya dan menjadikannya buku. Ilham yang bersentuhan langsung dengan wartawan-wartawan kawakan Indonesia seperti Rosihan Anwar, Jakob Oetama, Sabam Siagian, benar-benar menyadari jati diri wartawan, ya buku.

Percuma mengaku wartawan jika tidak punya karya berupa buku, entah itu ditulis secara khusus ataupun kumpulan tulisan.

Walau pada kenyataannya, dari sekian banyak wartawan yang “ngetop” mereka yang menulis buku kalau dihitung tidak sampai hitungan jari.

FAKTA Rizieq Shihab dan Ahok Diperlakukan Berbeda, Ilham Bintang Singgung Kedekatan BTP dan Jokowi

Saya mengenal Ilham karena ketika dia menjadi Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya, saya aktif di SIWO PWI Jaya, tapi kemudian hubungan organisasi ini berlanjut ke tingkat pusat ketika sama-sama aktif di PWI Pusat.

Halaman
1234
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved