Virus Corona

Maskapai Batik Air Bantah Satu Penumpangnya Terjangkit Virus Corona, Rute Balikpapan-Jakarta

Sebelum pesawat lepas landas, seorang penumpang wanita melapor ke petugas bahwa dirinya dalam kondisi demam. Lalu apa yang dilakukan petugas?

Istimewa
ILUSTRASI Pesawat Batik Air 

"Setiap tamu selalu kami minta memberikan informasi secara rinci sesuai keadaan sebenarnya kepada petugas layanan darat ketika proses pelaporan diri di counter check-in jika sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular atau memiliki kondisi khusus..." 

BEREDAR kabar di media sosial melalui tangkapan layar aplikasi pesan singkat mengenai adanya seorang penumpang pesawat Batik Air rute penerbangan Balikpapan-Jakarta yang terjangkit virus corona pada Minggu (26/1/2020).

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat yang teregistrasi dengan kode penerbangan ID 7270 tersebut, berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN) menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta (HLP), pada Minggu (26/1/2020).

Imbas Virus Corona, Wisatawan China ke Bali Turun 50 Persen, Wagub Bali: Jangan Dihanguskan DPnya

UPDATE Virus Corona, Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Segera Selamatkan Mahasiswa Indonesia di China

1 Pasien Suspect Virus Corona Masuk Ruang Isolasi RS Hasan Sadikin

"Pesawat mengudara pada pukul 13.41 WIB dan tiba pada pukul 14.36 WIB di Halim Perdanakususma, membawa 7 kru dan 142 tamu," kata Danang melalui keterangan resminya, Senin (27/1/2020).

Sebelum pesawat lepas landas, seorang penumpang wanita melapor ke petugas bahwa dirinya dalam kondisi demam.

Para petugas kemudian merujuknya ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Pihaknya pun menyangkal bahwa penumpang tersebut teridentifikasi terjangkit virus corona yang berasal dari negara Tiongkok.

"Kemudian, setelah tiba di Halim Perdanakusuma, dilakukan pemeriksaan kembali dan tim medis menyatakan negatif virus corona. Tamu dimaksud mengalami gejala typus," ujarnya.

Prosedur layanan penerbangan

Danang melanjutkan, dalam menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, Batik Air menekankan kepada setiap tamu mengikuti prosedur layanan penerbangan.

"Setiap tamu selalu kami minta memberikan informasi secara rinci sesuai keadaan sebenarnya kepada petugas layanan darat ketika proses pelaporan diri di counter check-in jika sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular atau memiliki kondisi khusus yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan tamu lain saat melakukan perjalanan udara," tuturnya.

Sebelum pesawa diberangkatkan, pihaknya juga mewajibkan setiap pelanggan mempunyai surat izin medis sebelum penerbangan dengan menunjukkan dan melampirkan surat keterangan kelaikan terbang (fitness for air travel/medical information) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan serta menandatangai surat pernyataan. 

Diduga terpapar virus corona di Bandung

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved